Ini Desain Mobil Off-Road Elektrik Otomatis yang Bakal Dipakai 'Jalan-Jalan' di Bulan

| 28 May 2021 19:06
Ini Desain Mobil Off-Road Elektrik Otomatis yang Bakal Dipakai 'Jalan-Jalan' di Bulan
Desain mobil penjelajah bulan yang dirancang oleh General Motors bersama Lockheed Martin. (Foto: Lockheed Martin)

ERA.id - Produsen mobil General Motors mengumumkan tengah berkolaborasi dengan perusahaa transportasi Lockheed Martin untuk mengembangkan kendaraan off-road elektrik otomatis bagi astronot di bulan.

Proyek ini diumumkan Rabu, (27/5/2021), namun masih dalam fase sangat awal dan belum mendapatkan kesepakatan proyek itu adalah mendesain kendaraan bulan yang ringan namun bandel agar bisa bergerak lebih jauh dan lebih cepat dari mobil penjelajah yang dipakai para astronot Apollo NASA di awal 1970an.

Sementara ini, kendaraan penjelajah (rover) yang dipakai para astronot Apollo 15, 16, dan 17 dalam menyusuri bulan hanya bisa menjelajah 7,6 kilometer dari kapsul pendaratan. Mesin penjelajah 'jadul' itu juga didesain oleh General Motors (GM).

Desain awal mesin penjelajah terbaru ini bakal memberikan ruang penumpang untuk 2 astronot, sebut sejumlah petinggi GM, dikutip Associated Press. Video promosi menunjukkan bagaimana mobil penjelajah berukuran besar itu melaju di lembah permukaan bulan.

Itu "tak seberapa dari yang mungkin kami ciptakan nanti," kata Jeff Ryder, wakil presiden GM Defences.

Sementara wakil presiden Lockheed Martin Kirk Shireman mengatakan, "mobilitas bakal memperlihatkan lebih banyak rahasia bulan pada kita."

Panggilan dari NASA terkait ide-ide kendaraan bulan muncul tahun lalu. Badan antariksa tersebut memang berencana mengirim kembali astronot ke bulan pada tahun 2024.

Rekomendasi