Sinkhole Raksasa Muncul di Persawahan, Hampir Melahap Satu Rumah di Meksiko

| 05 Jun 2021 19:05
Sinkhole Raksasa Muncul di Persawahan, Hampir Melahap Satu Rumah di Meksiko
Sinkhole yang muncul di Puebla, Meksiko, sejak Sabtu, (31/5/2021). (Foto: @PC_Estatal/Twitter)

ERA.id - Sebuah sinkhole dengan diameter sekitar 60 meter tiba-tiba muncul di sebuah persawahan di Meksiko hingga hampir 'melahap' satu rumah warga.

Dilansir dari CNN, (5/6/2021), sinkhole - fenomena kolapsnya permukaan tanah - itu terjadi di daerah Santa Maria Zacatepec, Puebla, dan memiliki kedalaman hingga 20 meter, seperti disampaikan dalam sebuah konferensi pers, Senin.

Gubernur negara bagian Puebla, Miguel Barbosa Huerta, mengatakan satu keluarga yang tinggal di dekat sinkhole itu telah dievakuasi. Belum ada laporan korban jiwa maupun korban luka dari insiden itu. Namun, warga telah diminta untuk menjauhi area sinkhole.

Awalnya, sinkhole hanya berukuran lima meter. Namun, lubang menganga itu cepat berkembang dalam waktu beberapa jam saja, sebut satu pejabat lingkungan setempat.

"Kami rasa kejadian ini disebabkan oleh dua faktor: pelembekan lahan persawahan yang tengah digarap, dan juga penyedotan air tanah, yang melembekkan lapisan subsoilnya," sebut Beatriz Manrique, sekretaris lingkungan di negara bagian tersebut.

Pemerintah kini sedang menyelidiki apa yang sedang terjadi, termasuk mempelajari kondisi tanah. Proses ini memerlukan waktu 30 hari, sebut CNN.

Televisa mengabarkan bahwa sinkhole pertama kali muncul pada hari Sabtu lalu dan berisi air yang terus bergerak.

Sinkhole sendiri terjadi ketika tanah tidak mampu lagi menopang permukaan di atasnya, seperti disebutkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Hal ini bisa disebabkan sejumlah faktor seperti erosi bebatuan di bawah permukaan tanah akibat aliran air tanah, yang menyebabkan munculnya rongga sehingga tanah kolaps.

Tags : meksiko Sinkhole
Rekomendasi