Meme 'Doge' Ajing Shiba Inu Laku Terjual Rp 56,8 Miliar, Pecah Rekor!

Tim Editor

Kabosu, anjing ras Shiba yang kemudian terkenal lewat meme 'Doge'. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Gambar meme seekor anjing Shiba yang sedang tersenyum - nama anjing itu Kabosu - baru-baru ini mengukir fenomena baru: terjual sebagai aset digital, atau NFT, termahal di dunia.

Meme yang dinamai sebagai 'Doge' itu pernah jadi fenomena viral di media sosial. Tak heran ketika ia ditawarkan dalam bentuk non-fungible token (NFT), peminat aset kripto berlomba membelinya.

Rekor pun tercetak pada Jumat, (11/6/2021), ketika peminat lelang dengan nama @pleasrdao memasang tawaran senilai 1.696,9 ethereum. Nilai ini setara 4 juta dolar AS, atau Rp56,8 miliar. Dan penawar tersebut pun memenangkan lelang, demikian disebut situs lelang Zora.

Proses lelang ini melibatkan basis data meme di internet, Know Your Meme, yang bertugas mensertifikasi otentisitas Doge agar ia bisa dijual melalui lelang.

"Kami sangat gembira bisa jadi bagian tonggak baru sejarah internet. Jika ada meme yang berhak menyandang rekor NFT, meme itu adalah Doge," sebut Don Caldwell, pemimpin redaksi Know Your Meme, dikutip dari NBC.

Sebelumnya, sebut Caldwell, Doge - meme yang ia sebut 'meme paling ikonik dalam sejarah internet' - telah dianugerahi titel 'Meme paling Favorit Dekade Ini' oleh Know Your Meme, pada Desember 2019.

Meme Doge didaftarkan untuk dilelang pada Selasa lalu, oleh Atsuko Sato, pemilik Kabuso yang gambarnya menjadi ikon meme tersebut. Lelang berlangsung selama tiga hari.

Istilah 'Doge' sendiri berasal dari kartun Flash 'Homestar Runner'. Di episode tahun 2005, karakter bernama Homestar menjuluki karakter lain sebagai 'D-O-G-E'. Lima tahun kemudian, pada 2010, Sato mengunggah foto Kabosu ke blog pribadinya. Ia tak menyangka bahwa foto anjingnya tersebut bakal menjadi legendaris seperti saat ini.

Tag: mata uang kripto Dogecoin nft aset kripto Doge

Bagikan: