Bom Mobil Jelang Laga Italia vs Swiss Diduga Intimidasi kepada Pejabat Roma

| 17 Jun 2021 10:47
Bom Mobil Jelang Laga Italia vs Swiss Diduga Intimidasi kepada Pejabat Roma
Polisi Roma menjinakkan bom yang terdapat dalam mobil milik pejabat setempat, Marco Doria, Selasa, (16/6/2021). (Foto: Tangkapan layar, @RawNews_1st/Twitter)

ERA.id - Sejumlah media melaporkan bahwa mobil berisi bom - yang mengejutkan warga kota Roma, Italia pada Rabu, (16/6/2021) - adalah milik Marco Doria, seorang pejabat lokal yang memang memiliki catatan pernah mendapat sejumlah ancaman intimidatif.

Media Deutsche-Welle menyebut bahwa kepolisian Roma, Italia, pada Rabu langsung menjinakkan bom yang ditemukan dalam mobil politisi tersebut.

Bom mobil itu sendiri ditemukan hanya dua km dari Stadio Olimpico, Roma, di mana bakal berlangsung laga Piala Eropa 2020 antara Italia vs Swiss. Namun, sebut Deutsche-Welle, bom tersebut tampak lebih bertujuan untuk mengintimidasi si politisi tersebut.

Laporan media mengabarkan bahwa skuat penjinak bom awalnya diminta datang ke sebuah pemukiman di ibu kota Italia tersebut pada Rabu siang setelah seseorang melihat ada kabel di atas dan di dalam sebuah mobil. Tak lama, jalan di sekitar situ langsung ditutup, dan para penjinak bom langsung menjinakkan bom rakitan itu. Bom disembunyikan di dalam tabung aerosol.

Identitas pemilik mobil dikonfirmasi juga oleh wali kota Roma, Virginia Raggi. Via Twitter ia menyebut bahwa Marco Doria merupakan presiden kelompok kerja pembangunan ulang taman dan villa bersejarah di Roma.

"Ini peristiwa serius. Simpati saya sepenuhnya atas peristiwa ini."

Doris sendiri sudah dalam penjagaan polisi sebelum peristiwa terjadi, mengingat adanya sejumla ancaman terhadap dirinya.

Pihak otoritas setempat enggan berspekulasi terhadap motif ancaman bom tersebut. Namun, kanal TV TGcom24 mengatakan bahwa serangan ini terkait dengan larangan memasuki gedung-gedung bersejarah, dan sejumlah insiden yang menyebabkan kerusakan pada patung dan air mancur di kota tersebut.

Rekomendasi