Tiket Dibatalkan UEFA, Semua Fan Inggris Gagal Nonton Langsung Perempatfinal Euro 2020

| 02 Jul 2021 20:02
Tiket Dibatalkan UEFA, Semua Fan Inggris Gagal Nonton Langsung Perempatfinal Euro 2020
Sejumlah fan timnas Inggris dalam laga perdelapan final Euro 2020, 29 Juni 2021. (Foto: @England/Twitter)

ERA.id - Fan timnas The Three Lions yang tinggal di Inggris harus kehilangan tiket laga perempatfinal Piala Eropa 2020 yang sedianya diselenggarakan di Roma, 3 Juli nanti. Pembatalan tiket dilakukan oleh pemerintah Italia.

Melansir The Guardian, (2/7/2021), pemerintah Italia menyatakan kekhawatiran bahwa para fan sepak bola bakal mendatangi kota Roma untuk menonton laga Inggris vs Ukraina, dan mengesampingkan aturan wajib karantina selama lima hari. Pemerintah setempat meminta kepada UEFA agar seluruh tiket yang terjual ke warga negara Inggris dibatalkan, dan permintaan itu dikabulkan.

Fan yang membeli tiket pertandingan sebelum 28 Juni diberi tenggat waktu hingga Kamis, pukul 9 malam waktu setempat, bila ingin memberikan tiket ke teman atau warga Inggris yang sudah berada di Italia. Selepas tenggat tersebut, tiket akan ditarik, biayanya diganti, dan tiketnya tersedia lagi untuk penonton lain, seperti dilaporkan The Guardian.

Perlakuan terhadap fan Inggris ini menjadi pukulan terbaru bagi warga negara tersebut di tengah merebaknya infeksi Covid-19 varian Delta di dalam negeri.

Stadio Olimpico di Roma sendiri rencananya akan dibuka untuk 18 ribu penonton. Sesuai aturan UEFA, Asosiasi Sepak bola Inggris (FA) berhak menjual 2 ribu tiket untuk laga perempatfinal itu. Namun, FA urung menggunakan kuota tersebut bagi warga Inggris karena adanya prasyarat karantina.

Fan Inggris yang sudah ada di Italia atau negara Eropa lainnya masih boleh menonton pertandingan.

The Guardian memberitakan juru bicara UEFA membuat pernyataan bahwa ada permintaan dari pemerintah Italia terkait fan asal Inggris.

"Otoritas Italia telah meminta UEFA untuk bertindak memastikan warga Inggris tidak melanggar kewajiban karantina yang diterapkan bagi semua yang memasuki kawasan Italia."

"(Pemerintah Italia) secara spesifik meminta UEFA membatalkan tiket yang dijual ke warga Inggris sampai 28 Juni, menghentikan penjualan dan transfer maksimal sampai jam 9 malam ini."

"Warga Inggris yang membeli tiket sebelum 28 Juni diperbolehkan memindahtangankan tiketnya ke warga Italia sebelum pukul 9 malam atau mengembalikan tiket mereka (ke panitia)."

Rekomendasi