Lukisan Picasso dan Mondrian Disimpan Pencuri di Balik Semak-Semak

| 30 Jun 2021 20:45
Lukisan Picasso dan Mondrian Disimpan Pencuri di Balik Semak-Semak
Lukisan Woman's Head (1939) karya Pablo Picasso berhasil ditemukan oleh polisi Yunani. (Foto: via Sky.com)

ERA.id - Pemerintah Yunani berhasil menemukan kembali lukisan dari maestro Pablo Picasso dan Piet Mondrian, yang lukisannya sempat dicuri dari National Gallery negara tersebut pada 2012.

Melansir Al Jazeera, (30/6/2021), pada 2012 itu pencuri berhasil masuk ke dalam galeri dan mengambil lukisan 'Woman's Head' (Picasso, 1939) dan 'Mill' (Mondrian, 1905).

Saat itu, penjara mengaktivkan sistem alarm sampai beberapa kali, guna mengecoh dan membuat kesal penjaga, sebelum akhirnya mereka benar-benar masuk ke dalam galeri pada dini hari. Kala itu, penjaga mematikan alarm, namun sempat melihat satu pencuri melalui kamera pengawas.

Otoritas keamanan Yunani pada Senin, (28/6/2021) berhasil menangkap pria asal Yunani yang berusia 49 tahun, yang mengaku bahwa ia telah mencuri lukisan. Pencuri itu lantas menunjukkan sebuah tempat di luar kota Athena, di mana ia menyembunyikan kedua lukisan, seperti disebutkan oleh Kementerian Perlindungan Warga Yunani, Selasa lalu.

Video yang dirilis polisi menunjukkan salah satu lukisan masih terbungkus kertas dan diletakkan di balik semak-semak.

Sang pria juga mengatakan bahwa sketsa buatan pelukis Italia Guglielmo Caccia, yang didonasikan ke galeri pada 1907 dan juga dicuri pada 2012, telah rusak dan kemudian mereka hancurkan, sebut pihak kementerian.

Lukisan-lukisan yang berhasil ditemukan kini akan kembali dipamerkan di National Gallery. Ini juga bertepatan dengan ulang tahun ke-200 dari Perang Kemerdekaan Yunani di Athena.

"Di galeri kami yang baru, lukisan-lukisan itu bakal menemukan tempat yang pantas," sebut Menteri Perlindungan Warga Michalis Chrisochoidis dalam sebuah konferensi pers.

"Picasso mendedikasikan lukisan itu kepada rakyat Yunani," kata dia. "Ada seorang pria Yunani yang mencurinya. Namun, rakyat Yunani yang lalin berhasil menyelamatkannya kembali."

Rekomendasi