Nana Mirdad Serahkan Bayi yang Ditemukan di Semak Dekat Rumahnya ke Dinas Sosial

| 21 Jan 2024 13:58
Nana Mirdad Serahkan Bayi yang Ditemukan di Semak Dekat Rumahnya ke Dinas Sosial
Nana Mirdad (Foto: Instagram/@nanamirdad_)

ERA.id - Nana Mirdad menyelamatkan bayi baru lahir di semak-semak dekat rumahnya di Bali. Bahkan, bayi yang ditemukan itu diserahkan ke dinas sosial. Istri Andrew White ini mengungkapkan kondisi bayi yang sangat memprihatinkan.

Melalui Instagram stories-nya, kakak Naysila Mirdad ini mengatakan bayi itu ditemukan Asisten Rumah Tangganya (ART) di semak-semak pinggir jalan pada Sabtu (20/1). Ia menjelaskan kronologi singkat dan foto kondisi bayi tersebut. 

"Siang ini, emba di rumah nemuin bayi baru lahir dibuang ke semak-semak dekat rumah telanjang, masih ada tali pusar. Tanpa alas, tanpa kain sepotong pun di badan anak ini," tulis Nana Mirdad, dikutip dari akun Instagram @lambe_turah.

"Ditaruh di semak-semak begitu saja. Semak-semak ini tempat banyak biawak dan anjing berkeliaran bahkan kadang ular piton," lanjutnya.

Putri kandung Lydia Kandou dan Jamal Mirdad ini mengungkapkan kondisi bayi yang masih selamat. Tetapi, Nana Mirdad melupakan kekesalannya pada orang tua yang tak bertanggung jawab dan menelantarkan bayi baru lahir tersebut.

"Bayi ini beruntung sekali masih selamat.. saat bayi ini dibawa ke rumah, kulitnya mulai membiru. Siapa tahu ibunya yang membuang melihat story ini, asal tau saja, bayi ini sudah selamat, sehat," katanya.

"Sempat terkena hypothermia, namun sudah diatasi oleh pihak UGH. Jika memang tidak mau mengurus anak, banyak opsi selain membuang di semak belukar seperti ini," tambahnya.

Bintang film Hantu Pohon Boneka ini mengaku berat meninggalkan bayi tersebut. Namun, ia harus menyerahkan bayi itu dalam pengawasan dinas sosial. Menurutnya, dinas sosial tempat lebih aman untuk bayi itu.

"Hubungi dinas sosial, titipan ke yayasan, dll. Atau setidaknya, taruh di depan pagar rumah warga agar bayi ini bisa dirawat dengan layak," jelasnya. 

"Hati aku hancur bawa anak bayi yang mulai kebiruan ini ke RS terdekat. Pergerakan sudah minim, kaki membiru. Khawatir bayi ini tidak selamat di tanganku," tambahnya.

Perempuan berusia 38 tahun ini memberi pesan untuk orang tua yang membuang bayinya. Pesan itu ditulis seolah-olah berasal dari curhatan sang bayi yang ditelantarkan oleh orangtuanya.

"Hai ibunda, aku berhasil ditemukan, aku sehat, aku selamat. Jika ibunda ngga menginginkan aku, nggak apa-apa sekarang aku sudah di tangan orang-orang yang bisa menjaga aku. Seandainya dari awal ibunda langsung menitipkan aku kesini, aku ngga perlu kedinginan di semak belukar dikerubungi semut seperti tadi," ungkapnya.

"Tapi nggak apa-apa, itu sudah berlalu. Aku mungkin ngga akan pernah mengenal ibunda, tapi percayalah, di dalam diriku masih mengalir darah yang sama dengan darah ibunda sampai kapanpun, kita akan menjadi satu. Doakan aku bisa memiliki rumah yang hangat suatu saat nanti ya dan semoga ibunda tidak pernah melupakan keberadaanku. -Bayi yang lahir dari perut ibunda pagi ini," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka merasa geram dengan orangtua yang sudah membuang bayi tersebut di semak-semak dekat rumah Nana Mirdad.

"Padahal hamil 9 bulan itu capek bngt. Pas lahiran kenapa di buang an***g yaa ibunya," komentar akun @savitr****

"Gampang banget ya orang-orang buang bayi tanpa ada rasa bersalah," tulis akun @shelvi*****_

"Kenapa harus dibuang? banyak yang susah hamil." kata akun @annysh****

Rekomendasi