'Mobil Terbang' AirCar Sukses Jelajah Antar Kota Selama 35 Menit

| 02 Jul 2021 11:22
'Mobil Terbang' AirCar Sukses Jelajah Antar Kota Selama 35 Menit
AirCar Prototype 1 yang sukses jalani uji coba jelajah antar-kota selama 35 menit. (Foto: Klein Vision/Instagram)

ERA.id - Prototipe mobil terbang dari Klein Vision berhasil menjalani uji terbang selama 35 menit, melayang di udara dari kota Nitra, Slovakia, menuju ibukota Bratislava, Senin, (28/6/2021).

Melansir CNN, mobil bernama AirCar Prototipe 1 tersebut terbang menggunakan mesin BMW berkekuatan 160 tenaga kuda, beserta satu mesin propeler. Kendaraan ini mampu beralih dari mode pesawat ke mode transportasi darat dalam waktu tiga menit.

Klein Vision menyebut prototipe pertama itu kini telah memiliki jam terbang hingga 40 jam. Mobil terbang ini sanggup mencapai ketinggian hampir 2.500 meter dan melayang dengan kecepatan 190 km/jam.

Dalam uji coba, setelah AirCar ini mendarat di jalanan ibukota Bratislava, mobil tersebut dikendarai menuju pusat kota oleh direktur utama Klein Vision Stefan Klein dan sesama pendiri perusahaan, Anton Zajac.

"AirCar sudah bukan lagi sekadar konsep," sebut Zajac dalam rilis pers, melansir CNN. "Mobil ini mengubah fiksi sains menjadi kenyataan.

Perusahaan Zajac saat ini tengah mengembangkan AirCar Prototype 2 yang bakal memiliki mesin berkekuatan 300 tenaga kuda. Mobil baru ini nantinya diperkirakan akan mampu melayang dengan kecepatan 300 km/jam dan bisa menempuh jarak hingga 1.000 km.

Klein Vision adalah salah satu dari sejumlah perusahaan yang mengeksplorasi ide 'mobil terbang', meski masih di tengah berbagai hambatan terkait keamanan dan reliabilitas. Pada saatnya, mobil terbang bakal beroperasi di bandara (yang sudah cukup padat, bersaing ruang dengan drone nirawak serta pesawat, dan memerlukan regulasi khusus. Seluruh persiapan ini bakal memakan waktu hingga beberapa tahun, sebut CNN.

Rekomendasi