Selama Akhir Pekan, Korea Utara Ternyata Menguji Coba Rudal Jarak Jauh

| 13 Sep 2021 09:44
Selama Akhir Pekan, Korea Utara Ternyata Menguji Coba Rudal Jarak Jauh
Ilustrasi: Parade militer dalam perayaan Hari Kemenangan Korea Utara di tahun 2013. (Foto: Wikimedia Commons)

ERA.id - Korea Utara sukses melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh selama akhir pekan lalu, demikian diberitakan media pemerintah KCNA, Senin, (13/9/2021).

Rudal-rudal itu terbang 1.500 km sebelum mengenai sasarannya dan jatuh ke perairan wilayah negara itu, selama tes yang diadakan pada Sabtu (11/9) dan Minggu (12/9), kata KCNA.

Tes dilakukan oleh Akademi Ilmu Pertahanan Korea Utara.

Acara ini disaksikan langsung oleh Pak Jong Chon, anggota presidium politbiro dan sekretaris Komite Sentral Partai Buruh Korea. Ia ditemani dua orang pejabat tinggi partai pemerintah lainnya.

Pengembangan rudal-rudal itu memberikan "makna strategis atas sarana pencegahan lain yang efektif dalam menjamin keamanan negara kita dan secara kuat menahan manuver militer pasukan musuh," sebut KCNA.

Korea Utara yang tertutup telah lama, menuduh Amerika Serikat dan Korea Selatan menjalankan "kebijakan permusuhan" terhadap Pyongyang.

Pembicaraan yang bertujuan untuk membongkar program nuklir dan rudal balistik Korea Utara dengan imbalan keringanan sanksi AS telah terhenti sejak 2019.

Rekomendasi