Kontainer Meledak di Pelabuhan Dubai, Picu Lontaran Bola Api 'Seperti Matahari'

| 08 Jul 2021 16:34
Kontainer Meledak di Pelabuhan Dubai, Picu Lontaran Bola Api 'Seperti Matahari'
Tim pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Pelabuhan Jebel Ali, Dubai, pada 8 Juli 2021. (Foto: Kantor Media Dubai)

ERA.id - Otoritas Dubai pada Kamis, (8/7/2021), menyelidiki ledakan dari kontainer berisi material mudah terbakar yang menimbulkan lontaran bola api ke dermaga-dermaga di pelabuhan terdekat.

Melansir The Manila Times, kebakaran awalnya terjadi di sebuah kapal besar pengangkut kontainer yang hendak berlabuh ke Pelabuhan Jebel Ari. Otoritas setempat mengatakan tim pemadam kebakaran langsung menuju ke lokasi kejadian.

Api dan asap membumbung tinggi dari arah kapal, namun berhasil dipadamkan oleh damkar 40 menit kemudian, sebut otoritas yang sama. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Sebanyak 14 kru kapal berhasil diselamatkan tepat sebelum terjadinya ledakan.

"Puji Tuhan, semuanya dalam kondisi aman. Namun, ini adalah kecelakaan alamiah yang terjadi pada salah satu kontainer yang membawa bahan mudah terbakar. Tidak ada penjelasan lain," sebut Mona Al Marri, direktur Kantor Media Dubai, kepada televisi Al-Arabiya.

Mona menyebut bahwa penyebab ledakan akan segera diselidiki. The Manila Times mengabarkan bahwa pada Kamis mobil polisi dan mobil damkar sudah berada di dekat kapal yang hangus terbakar, sementara kontainer yang terbakar tampak berada di sisi dermaga.

Polisi Dubai menyatakan ada tiga dari 130 kontainer di Pelabuhan Dubai itu yang mengangkut bahan mudah terbakar.

"Laporan-laporan awal mengindikasikan gesekan, atau panas, mungkin telah menyebabkan ledakan," sebut kepala polisi Dubai Abdullah al-Marri pada Al-Arabiya, seraya menambahkan bahwa tidak ada material radioaktif atau bahan peledak yang terkandung dalam kontainer.

Warga di sekitar Pelabuhan Jebel Ali mengaku melihat sesuatu "seperti matahari" di langit yang kemudian diikuti suara ledakan. Warga Dubai lainnya, dikutip AFP, menyebut bahwa jendela-jendela gedung bergetar ketika terjadinya ledakan.

"Saya telah tinggal di sini selama 15 tahun, dan ini pertama kalinya saya melihat dan mendengar hal seperti ini."

Kejadian kebakaran seperti ini sesuatu yang langka terjadi di kawasan emirat Dubai, satu dari tujuh wilayah Uni Emirat Arab. Pelabuhan Jebel Ari sanggup menampung kapal induk dan pernah menjadi pangkalan tersibuk Angkatan Laut AS di luar Amerika Serikat pada 2017, menurut US Congressional Research Service.

Rekomendasi