Tokoh Filmnya Muncul di Billboard Bisnis Ganja, Aktor Sacha Baron Cohen Minta Ganti Rugi Rp130 Miliar

| 14 Jul 2021 13:36
Tokoh Filmnya Muncul di Billboard Bisnis Ganja, Aktor Sacha Baron Cohen Minta Ganti Rugi Rp130 Miliar
Arsip: Sacha Baron Cohen bergaya seperti tokoh Borat saat hadir dalam penayangan perdana film 'Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefeit Glorious Nation of Kazakhstan' pada 23 Oktober 2006. (Foto: Rogelio A. Galaviz C./Flickr)

ERA.id - Aktor Sacha Baron Cohen menggugat toko penjual ganja di Massachusetts, Amerika Serikat, yang ia tuduh menggunakan gambar tokoh filmnya, Borat, di billboard tanpa seizin dirinya, demikian disebutkan dalam dokumen pengadilan, per laporan Al Jazeera, (13/7/2021).

Perusahaan yang bersangkutan, bernama Solar Therapeutics Inc dan berlokasi di Somerset, menampilkan tokoh Borat yang diperankan Baron Cohen sedang mengacungkan dua jempol tangan. Di samping gambar itu ada tulisan 'It's nice!', kalimat yang jadi ciri khas tokoh Borat.

"Lewat billboard tersebut, para tergugat secara keliru menympaikan pada publik bahwa Baron Cohen telah meng-endorse produk mereka dan terafiliasi dengan bisnis mereka," sebut dokumen gugatan, yang dilayangkan Senin lalu.

Dokumen tersebut menyebut Baron Cohen tidak pernah memakai ganja sepanjang hidupnya dan tidak pernah terlibat dalam kampanye iklan penggunaan ganja.

Al Jazeera menyebut bahwa billboard yang jadi bahan gugatan terpasang di sebuah jalur tol di Massachusetts, namun, telah diturunkan tiga hari setelah pengacara Baron Cohen meminta penghentian iklan tersebut, April lalu.

Baron Cohan dan kuasa hukumnya meminta ganti rugi sebesar 9 juta dolar AS atau setara Rp130 miliar.

Pengacara Solar Therapeutics menyatakan telah mengetahui adanya gugatan tersebut, sebut Al Jazeera.  Namun, ia menolak memberikan komentar sambil menunggu jalannya pengadilan.

 

 

Rekomendasi