Google Hentikan Operasi OS Android Gingerbread Mulai 27 September

Tim Editor

Ilustrasi Android Gingerbread. (Foto: Mark Boss/Unsplash)

ERA.id - Kurang dari dua bulan lagi, Google akan berhenti mengoperasikan sistem operasi Android yang versinya sudah berusia 11 tahun atau lebih tua.

Kebanyakan pengguna smartphone saat ini tak perlu terlalu khawatir dengan kebijakan ini. Karena versi Android yang terdampak umumnya sudah tidak digunakan di ponsel-ponsel versi terkini.

Melansir Mashable, (3/8/2021), versi Android yang sudah tidak akan dioperasikan Google adalah versi Android 2.3.7 (Gingerbread) atau lebih tua. Versi Android ini digunakan pada ponsel yang dibuat lebih dari sepuluh tahun lalu. Tepatnya, ia dirilis pada Desember 2010.


Pernyataan ini diumumkan langsung oleh Google, via Reddit dan Endgadget.

Tanggal berhentinya pengoperasian sistem Android versi lawas itu adalah 27 September.

Google menyebut kebijakan ini untuk memastikan keamanan pengguna Android, yang ditengarai berjumlah 2,5 miliar di seluruh dunia, menurut data Business of Apps.

"Jika Anda masuk ke perangkat (jadul) Anda pasca 27 September, Anda akan mengalami error dalam hal nama user atau kata sandi saat akan menggunakan produk Google seperti Gmail, Youtube dan Maps," demikian sebut pernyataan Google.

Bagi mereka yang ponselnya menggunakan versi Android sangat jadul ini, masih ada harapan. Pengguna mungkin masih punya opsi di ponselnya untuk memperbarui versi Android ke versi 3.0 atau lebih tinggi sebelum tenggat waktu.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa penggunaan peranti yang terlalu tua memiliki banyak risiko, mulai dari kerusakan sistem dan masih rentannya Android terhadap infeksi sotware perusak (malware).

Tag: google sistem operasi android smartphone

Bagikan: