Ubah Tradisi, Google Tak Lagi Pakai Nama Camilan di Android

| 23 Aug 2019 11:25
Ubah Tradisi, Google Tak Lagi Pakai Nama Camilan di Android
Android 10 untuk nama baru OS Google (Google)
Jakarta, era.id - Google resmi mengumumkan nama dari sistem operasi (OS) terbarunya yang saat ini dikenal sebagai Android Q. Pengumuman ini terbilang cukup mengagetkan, sebab Google memutuskan untuk tak lagi menamakan Androidnya dengan camilan manis atau makanan penutup (dessert).

Nama OS Google kali ini bisa dibilang sangat simpel, yakni Android 10 dan memungkinkan seri Android selanjutnya bakal menggunakan angka seperti Android 11, dan seterusnya.

Selain namanya yang baru, Google juga mendesain ulang logo Android. Menurut Aude Gandon, Global Brand Director Android, logo baru ini memiliki bentuk huruf yang lebih modern. Dan tak ketinggalan, robot hijau khas Android dalam logo baru itu.

"Robot itu apa yang membuat Android spesial. Itu membuatnya lebih manusiawi, menyenangkan, dan mudah didekati," ujar Gandon, dilansir The Verge, Jumat (23/8/2019).

 

Android Q will be called #Android10. As a global operating system, it’s important that the release names are clear and relatable for everyone in the world. Learn more: https://t.co/VKBcoSBGLt pic.twitter.com/Ek7izFEnuq

— Android (@Android) August 22, 2019

Keputusan Google untuk mengubah tradisi penamaan makanan manis di OS Androidnya, terbilang masuk akal. Sebab memang cukup sulit untuk menemukan makanan manis dengan awalan huruf Q sebagai representasi nama Android Q.

Seperti diketahui, hingga sekarang, Android selalu memakai nama makanan penutup dan diatur urut berdasarkan abjad. Menurut VP of Product Management Android, Sameer Samat, pemakaian nama dessert atau camilan manis untuk Android ternyata tidak selalu dimengerti oleh masyarakat global.

"Lebih sulit lagi untuk bagi pengguna Android baru, yang tidak mengetahui pola penamaan ini. Jadi, mereka sulit mengetahui apakah smartphone-nya menjalankan sistem terbaru," tulis Samat.

Belum lagi penamaan camilam atau makanan manis di Android terkadang tidak selalu familiar di beberapa tempat di dunia. Jadi penamaan sistem operasi secara global akan sangat mudah dipahami semua orang.

 

Sebelumnya diberi nama Android 10, ada beberapa kandidat camilan berawalan huruf Q untuk menjadi nama resmi Android Q. Nama-nama camilan ini berasal dari seluruh dunia, seperti Qurabiya, Quindim, Queen of Puddings, Qottab, Quesito, Queijandinha, Quirks, dan Quince.

Sekali pun Google tak lagi menamai Androidnya dengan nama camilan manis atau dessert. Google tetap melanjutkan tradisi patung Android yang terpajang di Mountain View, California, AS.

Tradisi penamaan camilan manis atau hidangan penutup di sistem operasi Google dimulai setelah Android 1,5 dengan nama Cupcake untuk Android C. Kemudian berlanjut secara alphabetikal pada seri Android 1.6 Donut, Android 2.0-2.1 Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo dan Pie untuk Android 9.

 

Rekomendasi