Taliban Siap Ambil Alih Bandara Kabul, Minta Bantuan Teknis pada Qatar dan Turki

| 28 Aug 2021 12:43
Taliban Siap Ambil Alih Bandara Kabul, Minta Bantuan Teknis pada Qatar dan Turki
Situasi di gerbang bandara Kabul, Afghanistan, (26/8/2021). (Foto: Seth Moulton/Twitter).

ERA.id - Pasukan Taliban sudah berada di bandara Kabul dan siap mengambil alih kendali secara penuh awal pekan ini segera setelah pasukan Amerika Serikat angkat kaki, menurut dua tokoh senior Taliban pada Jumat (27/8/2021).

Salah seorang komando senior menyebutkan pasukan Taliban telah menguasai sebagian besar bandara,"bukan hanya sebagian kecil tempat warga Amerika masih berada," melansir ANTARA.

Pejabat senior lainnya mengatakan pasukan siap mengambil alih (bandara) secara penuh. Ia menambahkan, "Ini hanya butuh beberapa waktu lagi."

"Begitu warga Amerika angkat kaki, mereka hanya perlu memberi kami sinyal dan kami akan mengambil alih," katanya.

Belum ada komentar langsung dari juru bicara resmi kelompok Taliban, sebut ANTARA.

Sementara itu, media Al Jazeera, Jumat, (27/8/2021), melaporkan bahwa Taliban akan meminta bantuan teknis kepada Qatar dalam mengoperasikan bandara Kabul.

Di saat yang sama, Taliban juga telah meminta bantuan teknis kepada Turki untuk menjalankan bandara Kabul setelah penarikan seluruh pasukan NATO dari Afghanistan, Selasa depan (31/8), seperti diberitakan Reuters. Namun, pada Jumat, dua pejabat menyebut permintaan itu ditolak oleh Turki kecuali Taliban menyetujui kehadiran pasukan keamanan Turki.

Persyaratan itu disampaikan Turki setelah serangan mematikan terjadi di luar bandara. Kejadian itu menyoroti bahaya yang dihadapi misi pasukan asing untuk tetap berada di Afghanistan.

Rekomendasi