Diduga Gegara Efek Vaksin Covid-19, Wanita China Ternyata Wafat Karena Sakit Liver

| 06 Sep 2021 12:22
Diduga Gegara Efek Vaksin Covid-19, Wanita China Ternyata Wafat Karena Sakit Liver
Arsip - Petugas medis menyuntik vaksin COVID-19 pada mahasiwa di Qingdao, Shandong, China, March 2021. (Foto: ANTARA/China Daily via Reuters)

ERA.id - Seorang perempuan berusia 24 thaun di Provinsi Sichuan, China, meninggal dunia, Jumat, (3/9/2021), menggegerkan dunia maya setempat yang mengaitkan kematian sang wanita dengan vaksin Covid-19.

Perempuan yang tinggal di Kabupaten Junlian itu sebelumnya tidak merasakan efek samping apa pun dari suntikan dosis kedua yang diterimanya pada 21 Juni, atau tiga bulan yang lalu, melansir ANTARA.

Namun, warga bermarga Jiang itu pada Rabu lalu mengeluhkan adanya gangguan fungsi liver. Ia pun pergi ke rumah sakit setempat pada Jumat malam, di mana dokter merekomendasikan perawatan via infus yang tepat untuk livernya.

Namun, melansir laporan dari Pemkab Junlian, melansir ANTARA, selama perawatan itu, Jiang mengalami beberapa gejala, termasuk ketidaknyamanan pada tenggorokan, sesak napas, kehilangan kesadaran, dan serangan jantung.

Dia kemudian meninggal pada hari itu juga.

Kematian sang wanita mengguncang dunia maya China karena dikait-kaitkan dengan vaksin Covid-19. Namun, Minggu, otoritas setempat membantah rumor tersebut. Dikatakan bahwa kematian sang wanita tidak terkait dengan vaksin corona.

Walau begitu pemerintah daerah setempat akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menjawab rumor yang terlanjur beredar luas di media sosial.

Rekomendasi