Menang di Irak, Partai Syiah al-Sadr Sambut Kedutaan Asing, padahal Pernah Usir Amerika

| 12 Oct 2021 09:49
Menang di Irak, Partai Syiah al-Sadr Sambut Kedutaan Asing, padahal Pernah Usir Amerika
Orang Kurdi di Irak (Wikimedia Commons)

ERA.id - Partai ulama Syiah populer di Irak Moqtada al-Sadr menjadi pemenang terbesar dari kursi parlemen dalam pemilihan pada Minggu (10/10).

Berdasarkan hasil awal dari beberapa provinsi ditambah ibu kota Baghdad, partai al-Sadr memenangkan lebih dari 70 kursi. Hasil itu dapat memberinya pengaruh yang cukup besar dalam membentuk pemerintahan.

Dalam pidato kemenangan yang disiarkan televisi setempat, Sadr menjanjikan pemerintahan nasionalis yang bebas dari campur tangan pihak asing.

"Kami menyambut semua kedutaan asing yang tidak ikut campur dalam urusan internal Irak," katanya.

Ia menambahkan bahwa perayaan akan berlangsung di jalan-jalan "tanpa senjata".

Pemilihan pada Minggu diadakan beberapa bulan lebih awal, sebagai tanggapan atas protes massa pada  2019 yang menggulingkan pemerintah.

Jumlah pemilih yang rendah menunjukkan bahwa pemungutan suara yang disebut sebagai kesempatan untuk merebut kendali dari elite penguasa tidak akan banyak membantu untuk menggulingkan partai-partai sektarian yang berkuasa sejak 2003.

Sadr meningkatkan kekuatannya di Irak sejak memenangkan 54 kursi dalam pemilihan pada 2018.

Ulama populer ini telah menjadi tokoh dominan dalam politik Irak. Dia menentang semua campur tangan asing di Irak, termasuk Amerika Serikat.

Sadr menyerukan penarikan pasukan AS dari Irak. Amerika Serikat mempertahankan kekuatan sekitar 2.500 prajurit dalam perang berkelanjutan melawan ISIS.

Rekomendasi