Hasil Kunjungan Menlu Retno Ke Turki, Bebas Visa untuk Wisatawan Indonesia hingga Soekarno Jadi Nama Jalan di Ankara

| 13 Oct 2021 11:55
Hasil Kunjungan Menlu Retno Ke Turki, Bebas Visa untuk Wisatawan Indonesia hingga Soekarno Jadi Nama Jalan di Ankara
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (ANTARA)

ERA.id - Pemerintah Turki dalam waktu akan mengeluarkan kebijakan baru yakni pemberian bebas visa bagi warga Indonesia yang akan mengunjungi negaranya.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi saat berkunjung ke Turki kemarin (12/10/2021).

Menurut dia, Kebijakan ini akan berlaku dalam waktu dekat.

"Jika sudah ada keputusan kapan akan mulai diberlakukan, kami akan sampaikan kepada publik," ujar Retno dalam konferensi pers secara virtual pada kemarin (12/10/2021).

Dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Indonesia dan Turki, jelas Retno, sepakat untuk mengakui sertifikat vaksin dan hasil tes PCR kedua negara.

"Pengakuan serta penerimaan semua jenis vaksin yang telah mendapatkan EUL WHO dan EUA dari instansi berwenang kedua negara dan penerapan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan kedua negara," tambah dia.

Selain rencana pemberian bebas visa, Retno juga menyatakan Pemerintah Turki akan menganugerahkan Soekarno menjadi nama jalan di depan Kedutaan Besar Indonesia di Ankara.

"Dengan nama Jalan Ahmet Soekarno," jelas dia.

Untuk memperkuat kerja sama pertahanan kedua negara, Turki dan Indonesia juga berencana untuk bersama-sama mengembangkan industri pertahanan, termasuk pengembangan bersama pesawat terbang dan produk tank skala kecil.

"Kita juga mulai membahas mekanisme konsultasi baru, yaitu Pertemuan 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Indonesia-Turki yang dijadwalkan antara di akhir tahun ini atau di awal tahun depan," pungkas dia.

Rekomendasi