Pria Ini Ditangkap karena Nekat Bakar Pohon Natal Setinggi 15 Meter di New York

| 09 Dec 2021 14:35
Pria Ini Ditangkap karena Nekat Bakar Pohon Natal Setinggi 15 Meter di New York
Craig Tamanaha bakar pohon natal (Dok: YouTube/NBC New York)

ERA.id - Seorang pria yang diidentifikasi sebagai Craig Tamanaha diamankan oleh NYPD, Rabu (8/12/2021) waktu setempat. Tamanaha diamankan lantaran terbukti membakar pohon natal setinggi 15 meter di kota New York.

Petugas NYPD tiba di tempat kejadian dan melihat tersangka lari dari lokasi. Mereka menahannya sebelum mengajukan tuntutan yang mencakup kejahatan kriminal, bahaya yang sembrono dan pembakaran.

Menurut keterangan NYPD, Tamanaha sudah diamati dari kejauhan sejak memanjat pohon Natal yang terletak di West 48 Street dan Sixth Avenue sekitar pukul 12:15 waktu setempat. Dia diketahui membakar kertas yang dibawanya sebelum akhirnya diamankan serta didakwa atas tindakannya.

"Setibanya di sana, petugas mengamati laki-laki itu lari dari lokasi, dan dia ditahan tanpa insiden lebih lanjut. Api di dalam pohon padam tanpa cedera atau insiden lebih lanjut," kata juru bicara NYPD, dikutip Washington Post, Kamis (9/12/2021).

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran. Polisi juga akan menginterogasi Tamanaha terkait motif dalam kasus tersebut.

Namun diyakini bahwa Tamanaha melakukan kejahatan tersebut tanpa bantuan ataupun suruhan orang lain. Hal ini merujuk pada kasus terdahulu yang juga melibatkan Tamanaha. Di mana di pernah ditangkap terkait kepemilikan narkoba, dan mabuk di depan umum.

"Mungkin sedikit pendahuluan untuk mengatakan apa motivasinya. Apakah penyakit mental menjadi faktor? Kami sedang melihat semua itu," ucap Komisaris NYPD Dermot Shea.

Diketahui pohon natal setinggi 15 meter itu telah didekorasi menggunakan 10.000 ornamen kaca dan 100.000 lampu. Untuk mengerjakan pohon natal tersebut dibutuhkan waktu kurang lebih 21 jam.

Pohon natal itu dinyalakan selama hari Minggu sebagai bagian dari acara spesial 'All-American Christmas' oleh Fox News Media. Fox News Media sendiri sudah mengadakan upacara penerangan untuk pohonnya sejak tahun 2019.

Insiden pembakaran pohon natal ini menambah daftar panjang kasus serupa yang sebelumnya terjadi di Oakland, California. Setidaknya satu orang membakar pohon natal setinggi 15,8 meter di Jack London Square pekan ini. Sebuah kaleng aerosol ditemukan di dekat kobaran api.

Tak lama setelah itu, pohon natal di Washington Park di Chicago juga dibakar. Pembakaran di Washington Park bahkan tercatat terjadi selama tiga tahun berturut-turut.

Rekomendasi