Beberapa Pohon Natal Terbesar di Dunia dengan Hiasan yang Indah

| 25 Dec 2023 23:03
Beberapa Pohon Natal Terbesar di Dunia dengan Hiasan yang Indah
Pohon Natal terbesar di dunia di Rio de Jenairo (flickr)

ERA.id - Salah satu yang khas dari Natal adalah pohon Natal. Pohon ini bisa dilihat di berbagai tempat, misalnya mal, dengan berbagai hiasan.

Di beberapa negara dengan mayoritas penduduk Nasrani, kadang ada kegiatan untuk menghadirkan pohon Natal terbaik. Ada pula yang membuat pohon Natal dengan ukuran yang sangat besar. Lalu, di manakah pohon Natal terbesar di dunia?

Beberapa Pohon Natal Terbesar di Dunia

1. Kaki Gunung Ingino, Gubbio Italia

Ini adalah pohon Natal terbesar yang rekornya tak pernah dipatahkan selama puluhan tahun berturut-turut. Pohon Natal ini dibuat di Kota Gubbio, Italia, tepatnya di kaki Gunung Ingino.

Pada 1981, lampu pohon Natal sepanjang 750 meter ditarik dari lereng Gunung Ingino kemudian dinyalakan untuk pertama kalinya. Hal ini membentuk barisan lampu berbentuk pohon natal di lereng gunung.

Dalam penggarapannya, dibutuhkan 7.000 lampu dengan kabel lebih dari 10 kilometer. Lampu-lampu itu dinyalakan sepanjang malam saat libur Natal dan Tahun Baru.

Perawatan lampu dan kabel ekstra panjang itu mendapat bantuan dari warga lokal yang gotong royong. Rekor pohon Natal terbesar itu bertahan hingga waktu yang sangat lama.

Pohon Natal terbesar di dunia di Italia (Italian sons and daughters of America)

2. Rio de Jenairo, Brazil

Pohon natal besar juga pernah dibuat di Rio de Jenairo, Brazil. Tinggi pohon natal ini mencapai 85 meter dengan berat 550 ton.

Untuk menghias pohon super besar ini, lampu yang digunakan mencapai 3,1 juta bola lampu. Pada bagian atas dipasangi hiasan berbentuk bintang setinggi 18 meter. Hal tersebut menjadikan pohon Natal besar ini semakin megah.

Keunikan tidak hanya berasal dari ukuran yang sangat besar. Pohon Natal ini mengapung di atas Danau Rodrigo de Freitas. Peletakan pohon membuatnya bisa dilihat dari berbagai sisi Kota Rio de Jenairo. Setiap tahun, pohon Natal ini dihias dengan tema-tema menarik. Lampu yang digunakan juga disesuaikan dengan tema.

3. Colombo, Sri Langka

Sri Langka juga punya pohon Natal yang sangat besar, lokasinya ada di pusat kota Sri Langka, Colombo. Pohon Natal ini punya ketinggian sekitar 73 meter, dan pernah mendapatkan rekor dunia.

Pohon Natal ini bukan berasal dari pohon alami, melainkan rangka kawat dan baja yang ditutupi dengan 1 juta pohon pinus alami yang dicat warna merah, keemasan, dan perak. Untuk menghias pohon Natal ini, digunakan sekitar 600 ribu lampu LED.

Penampilannya memang megah, tapi pernah mendapatkan kritik keras dari gereja Katolik sebab dinilai sebagai pembangunan yang boros.

4. Dortmund, Jerman

Pohon Natal terbesar selanjutnya berada di Dortmund, Jerman. Di kota tersebut terdapat pohon besar setinggi 45 meter dengan bobot 40 ton. Sebagai penghias, digunakan 48 ribu lampu.

Lokasi pohon Natal ini ada di pasar Natal yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat. Para pengunjung pasar bisa menikmati kuliner sembari melihat keindahan pohon Natal yang sangat besar.

Kami juga telah membuat artikel soal keunikan tradisi Natal di berbagai negara. Baca tulisan tersebut untuk mendapatkan info lengkapnya.

Itulah daftar pohon Natal terbesar di dunia. Ikuti terus berita terbaru Era.id untuk mendapatkan update info menarik lainnya.

Rekomendasi