Larang Pesepak Bola Bertato, China: Beri Teladan ke Masyarakat!

| 30 Dec 2021 11:54
Larang Pesepak Bola Bertato, China: Beri Teladan ke Masyarakat!
Ilustrasi sepak bola (Wikimedia Commons)

ERA.id - China melarang pesepakbola membuat tato dan memerintahkan semua pemain tim nasional yang sudah ditato untuk menghapus atau menutupinya.

Semuanya demi memberi kesan 'teladan' kepada masyarakat.

Faktanya, semakin banyak pemain terkenal China yang bertato, termasuk bek internasional Zhang Linpeng yang sebelumnya diminta menutupinya saat tampil membela timnas dan klub Guangzhou FC.

Otoritas olahraga China (GAS) mengatakan Asosiasi Sepak Bola China akan menetapkan persyaratan disiplin untuk pemain tim nasional.

"Tim nasional semua tingkatan akan secara ketat menerapkan syarat-syarat relevan aturan manajemen (dan) sepenuhnya menunjukkan semangat positif pemain sepak bola China dan memberikan teladan yang baik kepada masyarakat," kata GAS seperti dikutip Reuters.

"Tim nasional dan atlet tim nasional U-23 dilarang keras memiliki tato baru, dan mereka yang sudah memiliki tato dianjurkan menghapusnya. Dan jika ada keadaan khusus yang disepakati oleh tim, maka (pemain) harus menutupi tato selama latihan dan bertanding," papar GAS.

GAS juga menegaskan tim U-20 dan di bawahnya "dilarang keras" merekrut pemain bertato.

GAS menambahkan tim nasional harus membuat "kegiatan pendidikan ideologis dan politik" yang memperkuat patriotisme pemain.

China sendiri gagal ke putaran final Piala Dunia sejak debut mereka pada 2002 dan sepertinya juga akan absen dalam Piala Dunia Qatar 2022.

Rekomendasi