Situasi Terkini Perang Rusia Vs Ukraina: Inggris Bakal Kirim Banyak Bantuan Tempur ke Ukraina

| 02 Apr 2022 05:31
Situasi Terkini Perang Rusia Vs Ukraina: Inggris Bakal Kirim Banyak Bantuan Tempur ke Ukraina
Ilustrasi (Foto: Antara)

ERA.id - Konflik antara Rusia dan Ukraina masih berlanjut. Hal itu terlihat dari dukungan para sekutu Ukraina.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan pihaknya dan sekutu sepakat mengirimkan lebih banyak armada tempur ke Ukraina untuk membantu mempertahankan diri dari invansi Rusia. 

"Ada lebih banyak bantuan alat tempur yang akan dikirimkan ke Ukraina. Beberapa negara sudah bergerak maju, baik dengan ide-ide baru ataupun janji untuk memberikan bantuan baru berupa dana," kata Wallace, dilansir Antara, Kamis (31/3/2022). 

Wallace menyampaikan pernyataan itu setelah mengadakan pertemuan kedua Konferensi Internasional Donor Pertahanan untuk Ukraina (IDDCU) kepada kawan-kawan wartawan. 

Apa saja perangkat perang yang akan dikirim oleh Inggris ke Ukraina? Ini di antaranya: artileri jarak jauh dan kemampuan artileri pembalas, kendaraan lapis baja, penambahan pelatihan dan dukungan logistik, dan sistem pertahanan udara dan pantai.

Wallace menambahkan keterangannya kepada wartawan bahwa konferensi donor hari ini memperlihatkan tekad masyarakat internasional untuk membantu Ukraina dalam menghadapi invasi ilegal dan tanpa sebab yang dilakukan Presiden Putin melalui pasukan Rusia.

"Kami sedang meningkatkan koordinasi untuk menambah dukungan militer serta memastikan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina semakin kuat saat mereka terus berjuang mengusir pasukan Rusia," ujar Wallace.

Pada 24 Februari, Moskow meluncurkan suatu "operasi militer khusus".

Kata pemerintah Rusia, operasi khusus tersebut dilakukan untuk melucuti Ukraina dan menyapu bersih negara tetangganya dari pengaruh Nazi. 

Pernyataan itu jelas membuat sekutu Ukraina berang dan menyebut pernyataan Moskow tak memiliki dasar yang kuat untuk melancarkan perang.

Kapal perang Kerajaan Inggris HMS Somerset. (AFP/OLI SCARFF)
Rekomendasi