Tak Hanya Cilok, Inilah 6 Jajanan Khas Sunda Berawalan Ci

| 17 Dec 2022 15:03
Tak Hanya Cilok, Inilah 6 Jajanan Khas Sunda Berawalan Ci
Cilok (antaranews)

ERA.id - Jajanan dalam bergagai rupa dan rasa bisa mudah ditemukan di Indonesia. Uniknya, cukup banyak jajanan khas Sunda berawalan ci. Hal tersebut tak terlepas dari banyaknya jajanan dari Sunda yang dibuat dari tepung tapioka.

Dalam bahasa Sunda, tepung tapioka disebut aci. Kemudian, makanan yang dibuat dengan bahan utama aci diberi nama dengan awal ci-. Anda mungkin sudah akrab dengan cilok dan cireng, tetapi makanan dengan awalan ci- tidak hanya itu. Dikutip Era dari IDN Times, berikut adalah ragam jenis jajanan dengan awalan ci-.

Berbagai Jajanan Khas Sunda Berawalan Ci

·         Cilok

Jajanan khas Sunda atau Jawa Barat ini sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Disebutkan bahwa cilok merupakan hasil kreasi para tukang baso saat harga daging (bahas utama bakso) mahal pada masa krisis moneter tahun 1997-an.

Cilok terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka. Saat ini, cilok bisa memiliki banyak rasa dan ragam isian, seperti telur, abon, potongan daging sapi, dan cincangan daging ayam.

·         Cireng

Cireng berbagai bentuk di Jember (antaranews)

Cireng (aci digoreng) dahulu terbuat hanya dari tepung tapiuoka yang diseduh dengan air, kemudian digoreng. Setelah mengalami inovasi, banyak isian yang bisa dipadukan dengan cireng, misalnya sayur, abon, isian pedas, dan masih banyak lagi.

·         Cimol

Cimol (aci digemol) lahir pada tahun 1998-an. Cimol terbuat dari tepung tapioka saja. Cara membuat cimol terbilang mudah, yaotu menyeduh adonan dengan air panas, kemudian diaduk (diuleni) hingga kalis.

·         Cilor

Cilor (aci telor) merupakan kuliner yang kemunculannya belum terlalu lama. Bahan yang digunakan untuk membuat cilor adalah tepung tapioka, telur ayam, dan berbagai jenis bumbu perasa.

·         Cipuk

Cipuk (aci kerupuk) adalah jajanan yang unik. Kerupuk biasanya dijadikan bahan pelengkap makan berat. Namun, kini hal tersebut juga bisa dijadikan jajanan.

Cipuk terbuat dari bahan sisa krupuk yang remuk. Umumnya, krupuk yang remuk dibuang, tetapi inovasi membuat sisa kerupuk tersebut menjadi jajanan baru. Sisa kerupuk direndam kemudian diberi tepung terigu atau tepung tapioka.

·         Cipet

Ini termasuk salah satu jajanan yang masih cukup asing. Cipet agak mirip dengan batagor (bakso tahu goreng)—jajanan yang lebih terkenal.

Ada yang menyebut nama jajanan ini berasal dari kata aci kadempet, aci kacepet, ada pula yang menyebutnya aci didempet. Secara sederhana, maksudnya adalah aci yang terjepit. Nama ini diberikan karena memiliki bentuk berupa adonan aci yang diletakkan di antara tahu putih, kemudian digoreng. Maksud dari penamaan tersebut adalah aci yang terjepit tahu. 

Rekomendasi