Petani Kopi Asal Aceh Menangkan Cup of Excellence 2022

| 17 Dec 2022 12:32
Petani Kopi Asal Aceh Menangkan Cup of Excellence 2022
Cup of Excellence (dok. SCAI)

ERA.id - Setelah cukup lama dinantikan, Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) akhirnya mengumumkan daftar pemenang Cup of Excellence (COE) Indonesia 2022/2023. Pengumuman pemenang ini dilaksanakan di Manhattan Hotel, Jakarta, pada Jumat (16/12/2022).

Sebanyak 40 petani kopi dari seluruh Indonesia hadir untuk menantikan hasil penilaian biji kopi milik mereka. Petani yang berhasil masuk ke dalam 40 besar terbaik didominasi dari Aceh, diikuti Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Setelah dikurasi dari 40 besar tersebut, maka diperoleh petani kopi asal Aceh, Bahagia Ginting menempati posisi pertama. Ia berhasil menang dengan mendapatkan skor hampir sempurna, yakni 90,59.

Ketua Dewan Pembina SCAI, Delima Hasri Darmawan menyampaikan bahwa ajang ini memberikan manfaat yang besar bagi para petani kopi Indonesia. Melalui ajang ini mereka mendapatkan banyak pelajaran, mulai dari mengembangkan kopi hingga memasarkannya dengan lebih baik.

"Melalui COE kami ingin memberikan pelajaran kepada para petani kopi, cara mereka memasarkannya, dan mengenalkan kopi-kopi asal Indonesia agar bisa bersaing dengan kopi-kopi dari negara lainnya," ujar Delima.

Sementara itu, CEO merupakan ajang bergengsi untuk biji kopi tertentu yang berasal dari negara produsen kopi. Para peserta yang mengikuti ajang ini melewati persaingan ketat dengan penilaian dari juri nasional maupun internasional. Adapun juri-juri internasional berasal dari negara Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Lithuania, dan lainnya.

Rekomendasi