8 Oleh-Oleh Khas Malang untuk Dibawa Pulang setelah Liburan

| 24 Dec 2022 13:15
8 Oleh-Oleh Khas Malang untuk Dibawa Pulang setelah Liburan
Berbagai oleh-oleh khas Malang (mediacenter.malangkota.go.id)

ERA.id - Malang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur. Kota Malang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan salah satu yang dicari oleh wisatawan adalah oleh-oleh khas Malang.

Kota Malang menawarkan banyak buah tangan yang menarik untuk dibawa pulang setelah liburan, baik berupa sajian kuliner maupun barang. Dikutip Era dari javatravel, berikut adalah berbagai pilihan oleh-oleh khas Kota Malang.

Pilihan Oleh-Oleh Khas Malang untuk Dibawa Pulang

1.    Keripik buah

Malang memiliki banyak jenis keripik buah, seperti keripik apel, keripik melon, dan keripik nanas. Ini adalah kudapan yang lezat, unik, dan sehat. Salah satu yang terkenal dari Malang adalah apelnya sehingga membawa pulang keripik apel sebagai buah tangan adalah hal yang umum dilakukan oleh wisatawan luar Malang.

2.    Sari buah apel

Seperti telah disebutkan, Malang terkenal dengan buah apel. Selain keripik apel dan buah apel segar, Anda bisa membeli sari apel sebagai oleh-oleh khas Malang.

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Banyak produsen yang menyediakan produk ini sehingga mudah ditemukan saat di Malang. Namun, Anda perlu cermat dan cerdas untuk memilih sari apel yang dibuat tanpa bahan pengawet agar tetap menyehatkan.

3.    Jenang apel

Masih soal apel. Oleh-oleh khas Malang lain yang bisa Anda bawa pulang adalah jenang atau dodol yang menggunakan bahan dasar buah apel. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan agak lengket. Rasa apel yang ditawarkan membuat kudapan ini menjadi lebih segar dan menarik untuk dicoba.

     4.    Keripik ceker

Keripik lain yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh khas Malang adalah keripik ceker. Keripik ini kaya akan rasa gurih dengan tekstur yang renyah. Selain enak, ceker juga memiliki manfaat untuk tubuh karena mengandung kolagen dan kalsium.

     5.    Keramik Dinoyo

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Malang yang tidak berupa makanan, produk keramik ini cocok untuk Anda bawa pulang. Selain tahan lama, keramik memiliki nilai artistik yang tinggi. Beberapa jenis keramik juga memiliki fungsi guna—tidak hanya menjadi pajangan.

     6.    Kaus Malang

Salah satu jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan adalah kaus. Di Malang, Anda bisa mencari kaus dengan berbagai gambar dan tulisan yang menarik dan mengingatkan Anda dengan Malang. Di Kota Malang, beberapa orang menyebut oleh-oleh ini dengan sebutan soal ngalam, yaitu ‘kaos Malang’ yang disebut dengan slang boso walikan.

     7.    Keripik kentang

Keripik kentang umumnya terbuat dari kentang. Namun, keripik kentang dari Malang terbuat dari umbi yang lain, yaitu gadung. Yang terkenal adalah keripik kentang merek Macan. Gadung adalah umbi yang bisa beracun jika dimakan langsung. Namun, pengoalah yang dilakukan dalam pembuatan keripik ini membuat gadung tidak lagi beracun.

     8.    Ledre Pisang Bangka

Ini merupakan jajanan yang terbuat dari buah, tetapi bukan apel. Meski namanya adalah Ledre Pisang Bangka, tetapi kudapan ini termasuk oleh-oleh khas Malang.

Terbuat dari pisang, oleh-oleh khas Malang ini memiliki rasa yang manis. Sementara, bentuk yang tipis membuat Ledre Pisang Bangka memiliki tekstur yang renyah dan cocok dijadikan camilan sambil bersantai.

     9.    Keripik tempe

Keripik tempe khas Malang (malangkota.go.id)

Olahan tempe banyak ditemui di Kota Malang, salah satunya keripik tempe. Ini merupakan oleh-oleh khas Malang yang punya rasa gurih dan tekstur renyah. Ada beberapa varian rasa dari keripik tempe khas Malang, seperti asin, rumput laut, jagung manis, barbeque, dan keju.

Rekomendasi