7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jakarta untuk Dibawa Mudik, Camilan dan Noncamilan

| 17 Apr 2023 15:35
7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jakarta untuk Dibawa Mudik, Camilan dan Noncamilan
Kue geplak Betawi, oleh-oleh khas Jakarta untuk dibawa mudik (situs resmi Kemendikbud)

ERA.id - Lebaran sebentar lagi. Sebelum pulang ke kampung halaman, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Jakarta untuk dibawa mudik. Beberapa jenis bisa ditemukan di berbagai tempat, tetapi nilainya akan berbeda jika dibawa langsung dari tempat asalnya.

Cukup banyak makanan khas Betawi yang bisa dibawa ke kampung halaman. Anda bisa memilih yang menurut Anda paling menarik atau khas. Jika Anda tidak terbiasa dengan kehidupan dan kebudayaan Betawi selama di Jakarta, mencari oleh-oleh khas akan jadi tambahan pengetahuan bagi Anda. Dikutip Era.id dari berbagai sumber, simak rekomendasi berikut.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jakarta untuk Dibawa Mudik

1.    Roti buaya

Roti buaya merupakan salah satu makanan yang mesti ada dalam pernikahan adat Betawi. Seperti namanya, roti ini memiliki bentuk seperti buaya. Ukurannya bervariasi, Anda bisa bisa memilih yang paling cocok untuk dibawa mudik.

Meski bentuknya seperti buaya, tekstur roti sangat lembut. Saat ini, ada banyak variasi rasa yang bisa Anda pilih, seperti cokelat, keju, dan stroberi. Anda bisa menumukan roti buaya di banyak toko roti di Jakarta dengan harga yang variatif.

2.    Kue geplak Betawi

Tak berbeda dengan roti buaya, kue geplak Betawi juga harus ada dalam pernikahan adat Betawi. Kue khas Betawi ini terbuat dari beras, warnanya putih kecokelatan.

Kue ini harganya sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000. Salah satu keunggulan kue geplak Betawi sebagai oleh-oleh adalah daya tahan selama 3 hingga 7 hari. Kue menjadi semakin awet jika dimasukkan ke lemari pendingin atau kulkas. Meski sudah cukup jarang di pasaran, Anda bisa mendapatkan kue geplak Betawi di pusat kuliner Betawi.

3.    Kue kembang goyang

Bentuk kue kembang goyang seperti kembang (bunga). Nah, cara pembuatan kue ini dengancara digoyang-goyangkan di atas penggorengan. Kue kembang goyang bertekstur renyah dengan rasa yang manis.

Kue ini cocok dijadikan camilan saat Lebaran. Anda juga bisa menikmatinya sambil minum kopi ketika santai di sore hari. Harga kue kembang goyang sekitar Rp15 ribu untuk ukuran ¼ kg.

4.    Bir pletok

Ilustrasi bir pletok, oleh-oleh khas Jakarta untuk dibawa mudik (BPPBJ Jakarta)

Ini merupakan minuman herbal yang sudah ada sejak zaman kolonial. Beberapa rempah yang digunakan untuk membuat bir pletok adalah pala, kayu manis, lada, jahe, serai, daun pandan wangi, dan sebagainya.

Meski namanya bir, Anda tidak akan mabuk saat meminumnya. Anda malah akan mendapatkan beragam manfaat kesehatan, salah satunya memperlancar peredaran darah. Harga satu botol bir pletok ukuran 250 ml sekitar Rp10.000.

5.    Kue biji ketapang

Biji Ketapang memiliki rasa gurih dan manis. Ini termasuk kue yang kerap ada saat Lebaran. Kue ini dinamani biji ketapang karena ukurannya kecil dan bentuknya agak lonjong seperti biji buah ketapang.

6.    Kue akar kelapa

Kue akar kelapa terbuat dari tepung ketan, tepung beras, dan santan. Rasa kue ini gurih dengan tekstur yang renyah. Anda bisa menyajikan kue ini saat Lebaran.

7.    Batik Betawi

Ini merupakan oleh-oleh khas Jakarta untuk dibawa mudik yang bukan berupa makanan. Ya, Batik adalah kain khas Indonesia dan Betawi memiliki motif khas, seperti pencakar langit, salangkanagara, dan jali-jali. Ini akan menjadi pemberian yang berkesan sebab bertahan lama dan bisa digunakan berkali-kali.

Rekomendasi