Perbandingan Durian Bawor vs Musang King, Lebih Enak Mana?

| 19 Jan 2023 18:05
Perbandingan Durian Bawor vs Musang King, Lebih Enak Mana?
Ilustrasi memanen durian (antaranews)

ERA.id - Durian adalah salah satu buah dengan peminat yang sangat banyak di Indonesia. Jenisnya juga sangat banyak dan memiliki ciri rasa serta keunggulan masing-masing. Salah satu jenis durian yang kerap dibandingkan karena rasanya adalah durian bawor vs musang king.

Secara umum, buah dengan julukan “king of fruit” ini memiliki tekstur daging yang lembut, legit, dan manis. Namun, karakter unik pada masing-masing jenis membuat penggemarnya memiliki penilaian tersendiri. Dikutip Era dari berbagai sumber, simak penjelasan dari kedua jenis durian tersebut.

Rasa Durian Bawor vs Musang King

·         Mengenal Durian Bawor

Ini adalah salah satu durian lokal, tepatnya dari Banyumas, Jawa Tengah. Durian bawor secara sekilas agak mirip dengan durian montong. Beberapa orang menyebut durian ini sebagai durian montong Banyumas.

Durian bawor (antaranews)

Durian bawor memiliki daging berwarna kekuningan dengan ukuran biji yang kecil. Salah satu cara untuk membedakan durian bawor dengan durian montong adalah dengan mencicipinya.

Daging durian ini cukup manis, tetapi ada sedikit rasa pahit, hampir seperti durian petruk. Rasa pahit tersebut membuat durian bawor memiliki tempat tersendiri bagi para penikmat durian.

Daging dari durian bawor memiliki tekstur padat dan legit. Selain itu, ukuran dari jenis durian ini terbilang besar. Satu buah durian bisa memiliki berat 6 hingga 9 kilogram. Jika beruntung, Anda bahkan bisa menemukan durian dengan berat 12 kg.

Jenis durian ini bisa berbuah saat pohonnya berusia 3 hingga 4,5 tahun. Dalam satu tahun, durian bawor bisa dipanen sebanyak 3 kali. Rasa lezat dari durian jenis ini membuatnya memiliki harga yang cukup tinggi. Satu kilogram durian bawor bisa dibanderil Rp115.000.

·         Mengenal Durian Musang King

Durian musang king termasuk jenis durian yang terkenal memiliki rasa lezat. Ciri dari durian musang king adalah daging yang tebal, besar, dan memiliki tekstur yang lembut serta legit. Ciri yang lain adalah daging berwarna kuning tua dan aroma yang harum.

Salah satu hal yang membuat durian ini cukup mirip dengan durian bawor adalah rasanya manis yang agak sedikit pahit. Selain itu, ukuran biji durian musang king kecil dan hampir kempis.

Saat ini durian musang king sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Namun, harga dari jenis durian ini relatif tetap mahal, bisa mencapai Rp280.000 per kilogram.

Dari tampilan fisik, durian jenis ini tidak terlalu besar, sekitar 1,5 hingga 2,5 kg per buah. Umumnya, bentuk durian musang king agak oval. Durian ini memiliki duri yang cukup tumpul dan jumlahnya agak jarang.

Itulah beberapa ciri yang bisa digunakan untuk membandingkan durian bawor vs musang king. Masing-masing ciri khas membuat kedua jenis ini memiliki nilai yang tinggi di kelas durian. Selain itu, ada sedikit kesamaan rasa dari keduanya, yaitu manis yang agak pahit. 

Rekomendasi