Mengenal Durian Musang King: Cita Rasa, Asal, dan Harganya

| 20 Nov 2023 21:00
Mengenal Durian Musang King: Cita Rasa, Asal, dan Harganya
Mengenal durian musang king (unsplash)

ERA.idDurian Musang King adalah varietas durian yang paling terkenal dari Malaysia dan digemari di seluruh dunia. Penasaran bagaimana rasanya? Mari mengenal durian musang king lebih dalam.

Artikel ini akan membahas mengenai citarasa Durian Musang King, mengungkap sejarahnya yang unik, dan kisaran harganya di Indonesia.

Mengenal Durian Musang King

  1. Ciri-Ciri dan Cita Rasa

Durian Musang King diklasifikasikan sebagai Durio ziberthinus adalah varietas Malaysia dan termasuk dalam keluarga Malvaceae. Buah yang manis dengan sedikit rasa pahit ini dikembangkan pada abad ke-20 dan sangat disukai karena dagingnya yang berwarna kuning emas dan konsistensi yang lembut dan halus.

Musang King adalah durian dengan ukuran sedang hingga besar (rata-rata berbobot 2 hingga 4 kilogram) dan umumnya memiliki bentuk oval hingga sedikit miring dengan tangkai panjang.

Permukaan durian ini ditutupi dengan duri dengan motif piramida besar yang lebar dan terpisah, dengan warna duri yang bervariasi antara kuning, coklat, cokelat muda, hingga hijau.

Durian Musang King memiliki aroma manis dan berbau belerang yang dianggap kurang tajam dibandingkan dengan varietas durian lainnya. Durian ini juga memiliki rasa manis seperti permen dengan sentuhan jahe, buah tropis, dan bawang putih.

Durian Musang King tersedia selama musim muson barat daya dengan puncak panen dari bulan Juni hingga Agustus. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa ketersediaan dari durian ini meskipun terpengaruh dengan musim namun akan berubah setiap tahunnya tergantung pada cuaca.

  1. Asal dan Sejarah

Durian Musang King dikembangkan di Malaysia pada tahun 1990-an dan memiliki sejarah yang unik dikarenakan beberapa petani mengklaim sebagai pencipta varietas tersebut.

Pohon Musang King asli diyakini berada di distrik Gua Musang di Kelantan, Malaysia, namun akhirnya ditebang untuk memberikan ruang bagi pertanian lainnya. Hal tersebut membuat varietas ini sulit untuk dilacak.

durian Musang King dianggap sebagai varietas durian Malaysia paling terkenal  (X)

Sebelum pohon musang king mati buahnya sudah banyak dijual secara lokal dengan berbagai nama, termasuk Mao Shan Wang, Rajah Kunyit, dan durian Musang.

Varian durian berdaging kuning ini kemudian dengan cepat populer di seluruh Malaysia, dan disukai karena teksturnya yang lembut dan rasa manis pahitnya. Hingga banyak petani kemudian mulai menggunakan bijinya untuk membiakkan versi variasi mereka sendiri dan mengklaim bahwa merekalah yang menciptakannya.

Varietas durian ini sebagian besar tetap bersifat domestik sampai mendapatkan pengakuan global pada awal abad ke-21, hingga diberikan gelar "raja".

Pada tahun 2010, pemilik kasino terkenal di Macau, Stanley Ho, membeli 88 durian Musang King dan menjadi viral di seluruh China. Efeknya, terjadi lonjakan permintaan durian musang king dari Malaysia.

Saat ini, durian Musang King dianggap sebagai varietas durian Malaysia paling terkenal dan dibudidayakan di seluruh Malaysia untuk dijual lokal maupun internasional. Buah-buahan ini juga ditanam secara kecil-kecilan di wilayah lain di Asia Tenggara, termasuk Filipina.

  1. Harga Durian Musang King, Mengapa Mahal?

Kondisi iklim di kawasan ini dianggap mendukung pertumbuhan Durian Musang King. Salah satu faktor yang menyebabkan harga Musang King tinggi adalah keterbatasan jumlah pemasok, sementara permintaannya tinggi.

Meskipun harga durian Musang King Malaysia bervariasi, nilainya sebanding dengan kenikmatan luar biasa yang diberikannya. Durian Musang King memiliki warna kuning keemasan, daging yang tebal, lembut, dengan rasa manis yang sedikit pahit, dan umumnya memiliki biji yang kecil.

Harga durian musang king sebagaimana dijual online oleh Good Durian ada di kisaran Rp225 hingga Rp558 ribu (untuk durian kupas), kemudian Rp575 ribu untuk durian musang king utuh.

Selain mengenal durian musang king , ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi