Kuotie Adalah Street Food Terenak di Dunia, Begini Cara Membuatnya

| 26 Feb 2023 16:15
Kuotie Adalah Street Food Terenak di Dunia, Begini Cara Membuatnya
Ilustrasi kuotie (pexels)

ERA.idKuotie adalah jajanan pinggir jalan (street food) terenak di dunia versi Taste Atlas. Ini merupakan variasi pangsit (jiaozi) khas negara China, tepatnya China Utara.

Secara umum, kuotie adalah kuliner dengan bentuk menyerupai bulan sabit  yang terbuat dari adonan tepung dan diisi campuran daging babi, kol, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak wijen. Pengolahannya bisa dengan digoreng, bisa juga dipanggang.

Ilustrasi beberapa jenis kuotie (unsplash)

Ini merupakan camilan mengenyangkan yang punya tekstur dan rasa yang kaya. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuatnya, simak ulasan dari Era.id berikut ini.

Resep Kuotie yang Jadi Street Food Terenak

Executive Chef Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta, Chef Frederick D. Turambi, dilansir Kompas, berbagi resep untuk membuat kuotie kukus yang enak di rumah. Tak perlu khawatir soal kehalalan sebab resep ini tidak menggunakan daging babi.

Bahan kulit kuotie

·         100 gram tepung berprotein tinggi

·         50 gram tepung hongkong

·         75 mililiter air es

Bumbu kuotie

·         1 sdt bubuk kaldu ayam

·         1 sdm minyak bawang

·         1 sdm minyak wijen

·         ¼ sdt garam

·         1 sdt gula pasir

Bahan isian kuotie

·         500 gram ayam filet

·         250 gram udang peci kupas

·         50 gram jamur shitake yang telah dimasak

·         100 gram sawi hijau

·         50 gram kucai

·         4,5 gram garam

·         ¼ sdt lada putih

·         18,75 gram tepung kentang

·         11,25 gram kaldu ayam bubuk

·         18,75 gram gula pasir

·         15 gram es batu

·         2 sdm minyak bawang

·         1 sdm minyak wijen

Cara Membuat Kuotie

·         Membuat kulit kuotie

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat kulit kuotie. Ada perbedaan antara kulit kuotie dengan kulit pangsit, siomay, dan gyoza. Kulit yang dibuat untuk kuotie lebih tipis daripada kulit untuk caliman lain tadi.

Uniknya, kulit kuotie bisa cepat kering jika tidak digunakan karena sangat tipis. Tak heran jika jarang ada orang yang menjual kulit kuotie di pasar. 

Untuk membuat kulit makanan ini, campurkan tepung terigu berprotein tinggi (misalnya tepung merek Cakra) dan tepung hongkong ke mixer. Setelah itu, tuangkan air es ke campuran kedua bahan tersebut sedikit demi sedikit sembari terus diaduk hingga adonan kalis.

Kalau sudah, potong adonan tersebut menjadi beberapa bagian dengan berat masing-masing 6 gram. Lalu, pipihkan adonan kulit sampai tipis. Anda bisa menggunakan mesin atau rolling pin atau botol kaca, yang penting tipis. Setelah jadi, sisihkan dahulu.

·         Membuat isian kuotie

Potong ayam filet berbentuk dadu kecil. Kemudian, potong pula jamur shitake dengan bentuk yang sama. Jika sudah, campurkan potongan ayam, potongan jamur shitake, dan udang ke dalam mixer.

Masukkan bumbu isian ke dalam mixer, yaitu garam dan lada, serta tepung kentang. Setelah itu, masukkan es batu dan aduk sekitar 5 menit. Kemudian, masukkan kaldu ayam bubuk dan gula. Aduk lagi selama kurang lebih 10 menit.

Terakhir, tuangkan minyak bawang dan minyak wijen, lalu aduk lagi selama sekitar 5 menit. Setelah itu, tambahkan sawi hijau dan kucai yang menjadi ciri khas dari kuliner ini.

Bagaimana caranya? Ambil bagian gagang sawi hijau dan potonglah kecil-kecil. Setelah itu, rebus potongan tersebut sebentar dan masukkan ke dalam air es. Jika sudah, peras sawi hijau dan tiriskan.

Pengolahan kucainya, potong kecil-kecil dan rendam dengan air agar bersih. Setelah ditiriskan, campurkan dengan sawi hijau. Setelah itu, campurkan campuran sawi dan kucai dengan adonan ayam udang dan jamur. Masukkan pula bumbu kuotie, yaitu garam, bubuk kaldu ayam, gula pasir, minyak bawang, dan minyak wijen lalu aduk hingga tercampur rata.

Anda bisa menggunakan perbandingan sekitar 100 gram sayuran dan 50 gram isian ayam udang dan jamur. Setelah isian tersebut jadi, ambil sedikit lalu bungkuskah dengan kulit kuotie. Anda bisa membentuk kuotie sesuai selera, tetapi umumnya dibentuk seperti bulan sabit. Terakhir, kukus kuotie selama 5 hingga 10 menit dan siap disajikan. 

Rekomendasi