Mengenal Jenis-Jenis Fotografi untuk Para Pemula

| 03 Sep 2022 16:17
Mengenal Jenis-Jenis Fotografi untuk Para Pemula
Ilustrasi jenis-jenis fotografi (unsplash)

ERA.id - Memfoto adalah aktivitas yang disukai oleh banyak orang. Berbagai platform memberikan ruang bagi pecinta foto, salah satunya Instagram. Sejumlah bidang pekerjaan juga menawarkan bayaran yang tidak sedikit untuk hasil jepretan yang cantik. Tertarik? Jika Anda adalah pemula, ada baiknya mengetahui jenis-jenis fotografi.

Fotografi adalah proses melukis menggunakan media cahaya. Lebih jelasnya, fotografi merupakan proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek melalui perekaman pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya.

Terkait hal tersebut, ada beberapa hal dasar yang perlu dipahami agar tangkapan pantulan cahaya menghasilkan foto yang bagus. Jenis fotografi adalah salah satu hal yang perlu dipahami.

Mengenal Jenis-Jenis Fotografi

1. Landscape Photography

Teknik fotografi ini cocok bagi Anda yang suka jalan-jalan atau traveling. Pemandanngan indah dari tempat yang Anda kunjungi bisa diabadikan dalam sebuah foto yang bagus.

Fokus dari landscape photography suguhan ruang dalam dunia, seperti pemandangan alam, alam bebas tak berujung, atau objek yang bersifat mikroskopis.

Landscape photography umumnya digunakan untuk menangkap penangkapan alam, tetapi juga bisa digunakan untuk fokus pada buatan manusia. Bagi pemula, ini adalah jenis fotografi yang cukup mudah.

2. Food Photography

Secara sederhana, food photography adalah teknik memotret makanan atau minuman. Salah satu tujuan dari jenis teknik ini adalah membuat makanan terlihat lebih menggoda.

Ilustrasi food photography (unsplash)

Jenis fotografi ini kerap digunakan dalam industri industri kuliner untuk memasarkan produknya. Teknik ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan sisi keindahan dari sadian kuliner. Hasilnya juga bisa dijadikan sebagai ilustrasi.

Teknik tertentu dibutuhkan untuk bisa menghasilkan gambar yang baik. Tak jarang, peralatan khusus juga dibutuhkan.

3. Portrait Photography

Jenis fotografi ini adalah teknik untuk menangkap gambar seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok) dengan ekspresi wajah sebagai bagian yang lebih dominan.

Jenis fotografi ini memiliku tujuan untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan mood dari objek foto (orang). Meskipun fokus foto adalah wajah, tetapi seluruh tubuh dari objek tetap bisa dimasukkan.

Sebuah potret biasanya menampilkan orang yang melihat langsung pada kamera. Namun, teknik ini berbeda dengan teknok fotografi lain yang menggunakan model profesional.

Portrait photography umumnya menggunakan orang biasa sebagai objek foto. Beberapa contohnya adalah potret keluarga yang merayakan acara khusus (misalnya pernikahan dan wisuda).

4. Fashion Photography

Teknik fotografi memiliki tujuan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion yang lain. Jenis fotografi ini sering digunakan untuk keperluan iklan atau majalah fashion. Fotografi fashion juga telah berkembang sehingga estetika dari fashion didukung oleh lokasi atau aksesori.

Bisa dibilang, fashion photography menjadi salah satu jenis fotografi yang sangat menguntungkan dan paling efektif untuk mengomunikasikan dunia fashion. Fokus dari teknik ini tentu saja adalah pakaian dan aksesoris.

5. Street Photography

Street photography merupakan teknik fotografi yang cukup berbeda dengan jenis-jenis fotografi sebelumnya. Jenis fotografi ini memiliki tujuan untuk menangkap kegiatan sehari-hari.

Ilustrasi jenis fotografi street photography (unsplash)

Street photography menggunakan teknik dari straight photography atau pure photography yang menunjukkan suatu visi atau tujuan yang murni dari suatu hal, misalnya gambaran kondisi masyarakat. Ini masuk dalam jenis-jenis fotografi yang mengutamakan objek manusia. 

Rekomendasi