8 Teknik Memasak Steak di Rumah untuk Sensasi Baru dan Rasa yang Enak

| 12 May 2023 20:35
8 Teknik Memasak Steak di Rumah untuk Sensasi Baru dan Rasa yang Enak
Ilustrasi teknik memasak steak (pexels)

ERA.id - Jika Anda penikmat steak, mungkin ada kalanya Anda ingin membuatnya sendiri di rumah. Bisa saja, tetapi Anda perlu tahu teknik memasak steak yang benar agar hasilnya tidak bertekstur keras.

Perlu Anda ketahui, protein pada serat otot akan mengencang dan lemak pun menguap saat daging dipanggang. Disarankan, daging didinginkan terlebih dahulu selama 20—30 menit pada suhu kamar sebelum dimasak.

Dalam memasak steak, kualitas daging dan cara memasak harus diperhatikan dengan baik. Dikutip Era.id dari Barapi Meat & Grill, berikut ini beberapa teknik memasak steak yang bisa Anda lakukan agar hasilnya mantap.

Berbagai Teknik Memasak Steak

·         Langsung bakar

Ini adalah teknik berupa pemanggangan secara langsung di atas arang—tanpa alat pemanggang. Sebelum melakukan teknik ini, bumbui daging dengan garam, kemudian dinginkan selama sepuluh menit.

·         Panggang biasa

Ini adalah teknik pemasakan steak biasa dan lebih mudah daripada langsung bakar. Anda bisa menggunakan alat pemanggang, tetapi pastikan tidak menghitam. Anda bisa menggunakan bumbu sesuai selera, umumnya bisa menggunakan garam, merica, atau jenis minyak tertentu.

·         Pan fry

 Ilustrasi teknik memasak steak pan fry (pexels)

Anda bisa menggunakan teknik penggorengan (pan fry) karena lebih mudah dibandingakan pemanggangan. Anda bisa meletakkan daging steak yang dibumbui di atas wajan panas, kemudian panggang daging hingga matang.

·         Reverse sear

Cara melakukan teknik ini ada memanggang steak selama satu jam dengan suhu 275 derajat Fahrenheit. Sebelum memasaknya di atas alat pemanggang yang sangat panas, biarkan daging terbungkus di dalam aluminium foil selama sepuluh menit. Hasil dari teknik ini adalah daging menjadi lebih juicy.

·         Afterburner

Teknik ini termasuk teknik yang mudah dilakukan. Teknik ini dilakukan dengan meletakkan arang di atas panggangan, kemudian letakkan setrika di atas pemanggangan untuk membuat steak menghitam.

·         Slow cooked steak

Teknik slow cooking steak adalah membakar bagian luar steak, kemudian memanggangnya dengan oven selama 24 jam pada suhu 122 derajat Fahrenheit. Setelah itu, panggang daging tersebut di atas penggorengan sampai matang.

·         Sous vide

Teknik ini dilakukan dengan cara meletakkan daging steak bersama bumbu dalam wadah tertutup sehingga bumbu meresap dengan baik. Masak  daging tersbut di dalam air dengan api kecil, lalu panggang sampai matang.

·          Coal roasted steak mummy

Teknik memasak steak ini dilakukan dengan membungkus daging menggunakan kain katun yang telah diberi garam dan oregano. Setelah itu, ikat rapat kain tersebut kemudian panggang di atas arang sampai matang.

Rekomendasi