5 Menu Olahan Daging Sapi Kekinian, Coba Hidangan ala Korea dan Prancis

| 01 Jul 2023 19:05
5 Menu Olahan Daging Sapi Kekinian, Coba Hidangan ala Korea dan Prancis
Daging sapi teriyaki (Freepik)

ERA.id - Daging sapi merupakan bahan makanan yang digemari banyak orang. Selain kaya protein, daging sapi banyak digandrungi karena bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat. Mungkin Anda sudah bosan dengan rendang, dendeng, dan gule sapi. Ada beberapa menu olahan daging sapi kekinian yang bisa Anda coba. 

Apabila memiliki stok daging sapi banyak di kulkas, Anda bisa memasaknya ke dalam menu lain supaya sajianya tidak itu-itu melulu. Anda dapat mencoba membuat makanan dari menu olahan sapi di berbagai belahan dunia dan sedang ngetren di dunia perkulineran.

Menu Olahan Daging Sapi Kekinian

Siapa sih yang tak suka daging sapi, kuliner yang lezat dan mengenyangkan di perut ini. Mulai beberapa waktu belakangan sajian olahan sapi juga sedang ngetren atau marak digemari. Bermunculan restoran yang menjual menu daging sapi kekinian ala berbagai negara. 

Berikut ini rekomendasi menu olahan daging sapi kekinian yang bisa Anda coba di rumah:

Korean Beef Bulgogi

beef bulgogi (Freepik)

Pecinta makanan Korea pasti sudah cukup akrab dengan kuliner bernama Korean Beef Bulgogi. Makanan khas Korea ini terbuat dari daging sapi tipis. Sebelum dimasak, daging sapi dimarinasi dengan saus spesial terlebih dahulu. Potongan daging tipis tersebut direndam dalam campuran saus yang terbuat dari bawang putih, kecap, dan bumbu lainnya. 

Apabila sudah dimarinasi, daging sapi tersebut kemudian ditumis atau dipanggang. Daging yang sudah matang, bertekstur lembut dan rasa manis khas, maka sudah bisa disajikan dengan nasi putih dan tambahan sayuran segar. 

Beef Teriyaki

Jika tadi menu olahan sapi dari negeri Ginseng, mari bergeser ke Jepang. Bagi pecinta kuliner negeri Sakura, Anda bisa mengolah daging sapi menjadi  beef teriyaki. Menu daging sapi ini sudah sangat populer di Indonesia dan mendapat tempat di lidah banyak orang. 

Cara memasak daging sapi menjadi teriyaki cukup mudah. Anda perlu memarinasi daging menggunakan saus khusus. Dengan teknik ini maka bumbu teriyaki dapat meresap secara sempurna ke dalam dagingnya. Ketika selesai dimasak dan dihidangkan, beef teriyaki memberikan rasa yang khas dan padat di setiap gigitan. 

Buncis Daging Szechuan

Kali ini kita cicip olahan daging sapi khas Tiongkok. Anda memasak daging sapi menjadi buncis daging szechuan. Cara membuat hidangan ala China ini cukup mudah, yakni tinggal menyiapkan daging sapi dan buncis. 

Daging sapi dipotong tipis, kemudian dimasak dengan bumbu pedan dan harus seperti lada szechuan, cabai, dan saus soyu. Buncisnya hanya perlu dipanaskan hingga terasa renyah. Kuliner yang satu ini menghadirkan kombinasi rasa dari kelezatan daging sapi pedas dan aroma Szechuan. 

Sapi Black Pepper

Negeri Cina juga mempunyai kuliner khas dari daging sapi lainnya, yaitu sapi black pepper. Makanan yang satu ini juga sudah mudah ditemukan di Indonesia. Penikmat sapi black pepper juga sangat tinggi karena tergiur dengan aroma khas yang kuat. Hidangan ini terkenal dengan citarasa dari bumbu lada hitam. 

Cara sapi black pepper sangatlah mudah. Potongan daging sapi bisa Anda olah dengan cara dipanggang, digoreng, ataupun dimasak. Saat memasak, tambahkan lada hitam yang sudah digiling atau dihancurkan. Biasanya olahan sapi black pepper juga diberi tambahan bumbu dan rempah lain, seperti bawang bombay, bawang putih, saus oyster, saus Worcestershire, dan saus soyu. 

Steak Sous Vide

Kali ini mari kita menyeberang ke Benua Eropa untuk merasakan olahan daging sapi yang berbeda. Anda bisa memasak daging sapi ala Prancis yaitu steak sous vide. Hidangan yang satu ini sudah populer dan termasuk kuliner kekinian yang digandrungi banyak orang. 

Untuk membuat steak sous vide, potongan daging sapi dipanggang dalam suhu rendah secara pelan dalam kemasan hampa udara. Dengan teknik tersebut, daging sapi bisa tetap lembut dan dapat mengeluarkan rasa lezat. Hidangan ini disajikan bersama salsa buah segar untuk memberikan sentuhan manis dan menyegarkan. 

Demikianlah beberapa menu olahan daging sapi kekinian yang bisa Anda coba di rumah. Jika Anda bosan dengan menu gulai, rendang, dendeng, dan olahan daging sapi umum lainnya, maka pilihlah salah satu sajian hidangan di atas. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi