Wariskan Bisnis Kuliner Sop Konro dari Sang Ayah, Nia Hanafie Ungkap Tips Bisa Bertahan hingga Dua Generasi

| 04 Oct 2023 20:15
Wariskan Bisnis Kuliner Sop Konro dari Sang Ayah, Nia Hanafie Ungkap Tips Bisa Bertahan hingga Dua Generasi
Nia Hanafie (dok. Bango)

ERA.id - Indonesia memang terkenal dengan ragam kulinernya yang lezat dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya adalah sop konro, kuliner legendaris asal Makassar, yang merupakan masakan berkuah dengan bahan dasar tulang iga berbalut daging dan berbumbu rempah.

Bisnis kuliner yang menyajikan menu utama masakan tersebut adalah Sop Konro Karebosi. Bisnis ini sudah bertahan hingga dua generasi, yang saat ini dikelola oleh Nia Hanafie.

Nia Hanafie menjelaskan bahwa awalnya Sop Konro Karebosi dirintis oleh ayahnya, Haji Hanaping, sebagai generasi pertama. Bisnis ini awalnya berjualan di kaki lima di tahun 1968 hingga akhirnya menjadi besar dan dikembangkan hingga ke Jakarta.

Sop Konro (Instagram/sopkonrokarebosi)

"Papa saya dari Pangkep, beliau merantau ke Makassar tahun 1968. Di situ jualan sop konro kaki lima di Karebosi. Tahun 1993 pertama kali berjualan di Jakarta," kata Nia Hanafie saat ditemui di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, pada Selasa (3/10/2023).

Bisnis kuliner dengan menu sop konro yang utama ini bisa bertahan karena konsisten. Nia Hanafie mengatakan bahwa tips utama untuk mempertahankan bisnis makanan harus konsisten menjaga kualitas rasa.

"Tipsnya ya konsisten sih ya, cuma itu yang bisa saya bilang. Selalu mempertahankan autentik rasa. Tidak ada bahan yang berubah, tidak ada yang dikurangi dan dilebihkan," tuturnya.

Sebagai pewaris, Nia Hanafie juga terjun langsung ke dapur untuk meracik bumbu Sop Konro Karebosi. Racikan bumbu tersebut hanya diketahui olehnya, hingga nanti diturunkan kembali kepada generasi selanjutnya.

"Pesan papa saya harus menjaga resep dari orang tua. Saya generasi kedua, hanya saya yang tahu (racik bumbu). Saya terjun langsung ke dapur," pungkas Nia Hanafie.

Rekomendasi