Serunya Cooking Community Class Bareng Chef Arsyan, Mengolah Sayuran Segar Petani Indonesia

| 18 Dec 2023 19:27
Serunya Cooking Community Class Bareng Chef Arsyan, Mengolah Sayuran Segar Petani Indonesia
Cooking Community Class bareng Chef Arsyan (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Sayur-ayur segar hasil petani Indonesia berpotensi besar untuk diolah menjadi berbagai makanan. Bersama Chef Arsyan, komunitas ibu memasak beragam jenis olahan sayur.

Cooking Community Class ini memasak 3 menu hidangan lezat, yakni Chicken Quinoa Kale Salad, Spinach Basil Ricotta Ravioli, dan Steak & Sweet Potato Gratin. Semua makanan tersebut akan diolah menggunakan produk sayuran segar petani Indonesia, yang diberdayakan oleh Beleaf.

Cooking Community Class bareng Chef Arsyan (Era.ID/Yesica Sitinjak)

Kegiatan memasak ini berlangsung selama dua jam, menyesuaikan dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan makanan. Chef Arsyan yang juga pernah mengikuti ajang MasterChef Season 9 itu mendemokan cara memasak makanannya dari depan, yang kemudian diikuti oleh para peserta.  

Sementara itu, adapun bahan-bahan sayuran yang tersedia di dari Kebun Beleaf adalah Kale Curly, Kale Nero, Baby Bayam Merah, Basil Itali, Basil Ungu, Rosemary, Daun Thyme, Tomat Cherry, Baby Butterhead, Orange Sweet Potato, Purple Sweet Potato, Honey Sweet Potato, Curry Potato, Baby Bayam dan Horenzo.

Produk sayuran dari Beleaf (Era.ID/Yesica Sitinjak)

Sayuran tersebut diperoleh Beleaf dari petani Indonesia melalui program FaaS (Farming As A Service) dan Riset & Development yang mereka jalankan. Program ini mengajak para petani untuk bekerja sama menghasilkan sayuran terbaik.

"Program ini mengajak petani atau mitra untuk bergabung dengan kami. Di mana kami akan memberikan edukasi, teknologi, benih, terus biaya dan pelatihanlah. Hasil dari petani itu akan kami beli dan akan kami salurkan ke klien kami," kata CEO Beleaf Farms, Amrit Lakhiani saat ditemui di Foodhall Grand Indonesia, Jakarta, pada Minggu (!7/12/2023).

Melalui program tersebut, brand penyedia produk segar yang berdiri tahun 2019 itu ingin membantu petani Indonesia mengelola pertanian mereka dan meningkatkan kualitas produk, untuk saat ini dan masa mendatang.

"Setidaknya 2000 petani di tahun depan akan kami libatkan untuk kemajuan perusahaan dan pertanian Indonesia," pungkas Amrit Lakhiani.

Pada perayaan Natal dan menyonsong Tahun Baru 2024, Cooking Community Class diselenggarakan oleh Beleaf dengan menggandeng Chef Arsyan. Kegiatan yang diselenggarakan di Foodhall Grand Indonesia ini dihadiri 40 angggota komunitas YoRipe sebagai peserta.

Rekomendasi