Jenis-jenis Pempek Palembang yang Direkomendasikan untuk Disantap

| 02 Jan 2024 13:05
Jenis-jenis Pempek Palembang yang Direkomendasikan untuk Disantap
Ilustrasi pempek. (Pixabay)

ERA.id - Sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya, setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing, dari segi kebudayaan dan kuliner. Berbicara tentang kuliner, artikel ini akan membahas salah satu kuliner dari Kota Palembang. Palembang adalah ibu kota dari Sumatera Selatan.

Sebagian besar orang Indonesia tentunya tahu dengan Pempek. Salah satu jenis kuliner yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan ini dikenal di seluruh Indonesia. Pempek merupakan jenis makanan yang berbahan utama daging ikan dan sagu. Masyarakat Palembang berhasil mengembangkan pempek menjadi beberapa jenis.

Jenis-jenis Pempek Palembang

Mengutip dari buku Pempek Palembang karya Efrianto, Zusneli Zubir, dan Maryetti. Di bawah ini adalah jenis-jenis pempek dari Palembang.

Ilustrasi. (Pixabay)

Pempek Kelasan dan Pempek Lenjer

Pempek Kelasan adalah model pertama dari pempek. Pempek ini memiliki bentuk bulatan kecil yang pipih. Kelasan dalam bahasa Palembang bermakna tekan-tekan. Karena orang-orang merasa bentuk dari pempek kelasan tidak menarik, maka dibuatlah pempek Lenjer untuk membuat variasi bentuknya.

Pempek Telok (Telur)

Pempek Telok merupakan pempek yang berisi telur yang terlebih dahulu sudah dikocok. Bentuk dari pempek ini sedikit lebih kecil karena menyesuaikan dari isi yang terbatas.

Pempek Kapal Selam

Pempek Kapal Selam merupakan pempek yang serupa dengan pempek telok, yang membedakan hanya isian telur yang banyak. Jika pempek telok menggunakan satu telur untuk beberapa pempek, maka pempek kapal selam menggunakan satu telur untuk satu pempek. Namun, beberapa masyarakat menyebut pempek kapal selam dengan nama pempek telur besar.

Pempek Lenggang

Pempek lenggang adalah pempek yang ditambahkan dengan bahan telur. Namun, pembuatannya berbeda dengan pempek telok dan pempek kapal selam. Jika pempek kapal selam dan pempek telok memanfaatkan telur yang direbus, maka berbeda dengan pempek lenggang telur dicampurkan ke dalam adonan pempek. Dalam proses tersebut, pempek lenggang bukan direbus, tetapi dipanggang.

Pempek Tahu

Pempek tahu merupakan jenis pempek yang berisi tahu. Pempek ini menjadi satu inovasi dari pengembangan pempek lainnya. Proses penamaan pempek tahu tidak bisa dipisahkan dari kehadiran tahu dalam pempek tersebut.

Pempek Pistel

Pempek ini disebut Pistel karena memiliki bentuk yang mirip dengan pastel. Jika isian pastel adalah mie, maka isian dari pempek pistel yaitu pepaya yang sudah diolah. Pempek Pistel ini dapat Anda temukan di daerah Palembang.

Pempek Adaan

Pempek adaan adalah pempek yang prosesnya langsung digoreng. Nama pempek terlahir dari kebiasaan masyarakat Palembang yang mengonsumsinya setiap waktu. Dalam bahasa Palembang, pempek adaan dikenal sebagai istilah cetilan.

Pempek Tunu

Dalam proses pembuatannya, pempek tunu dibuat sedikit lebih keras dan dibentuk bulat seperti pingpong dan sedikit dipipihkan. Sebelum disajikan, pempek tunu di bakar terlebih dahulu.

Pempek Tulang

Pempek tulang sama dengan pempek yang lainnya. Namun, pembuatan pempek ini menambahkan unsur tulang ikan. Akan tetapi, tidak semua tulang ikan dapat digunakan dalam pembuatan pempek ini.

Pempek Kulit

Pempek kulit serupa dengan pempek tulang. Bedanya, pembuatan pempek ini menambahkan unsur kulit ikan. Faktor kulit yang menambahkan pengaruh rasa dan nama.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis pempek palembang, dari sekian jenisnya, mana yang sudah Anda coba?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi