Mengatur Meal Prep, Tips agar Anak Semangat Puasa di Bulan Ramadan ala Chef Devina

| 03 Mar 2024 18:45
Mengatur Meal Prep, Tips agar Anak Semangat Puasa di Bulan Ramadan ala Chef Devina
Chef Devina Hermawan menjelaskan tips meal prep biar anak semangat menjalani puasa (Era.id / Dinno Baskoro)

ERA.id - Menjelang Ramadan, biasanya para ibu mulai mengatur siasat tertentu agar anak lebih bersemangat menjalani ibadah puasa. 

Menurut Chef Devina Hermawan, satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui perencanaan makan (food preparation) atau biasa dikenal dengan istilah meal prep

Mengatur meal prep selama Ramadan terutama jika dilakukan bersama bisa membuat anak lebih bersemangat menjalani ibadah puasa. 

"Kalau kita sudah merencanakan dengan baik, setiap hari akan lebih mudah karena sudah tahu mau masak apa. Meal prep juga bisa direncanakan dengan menu-menu variatif dan bergizi untuk si kecil," kata Chef Devina dalam konferensi pers Richeese Factory Chicken Nugget di Jakarta, baru-baru ini. 

Melalui meal prep ini, para ibu menjadi lebih mudah mempersiapkan hidangan untuk sahur, berbuka hingga menu makan malam. Namun, jangan lupa untuk melibatkan si kecil di setiap prosesnya. 

Misalnya, anak-anak diberi kebebasan ingin menikmati santapan apa saat sahur, berbuka, dan makan malam selama sepekan atau hari yang sudah ditentukan. 

Kemudian libatkan juga mereka dalam mempersiapkan bahan bakunya, mulai dari saat berbelanja bahan makanan, hingga memilah bahan untuk dipisahkan per menu yang hendak diolah, kemudian disimpan di lemari pendingin sebagai stok.

"Kalau tidak mau repot meal prep-nya, para ibu juga bisa menyiapkan berbagai makanan beku bernutrisi untuk mempersingkat waktu dalam mengolahnya. Misalnya frozen food seperti ayam ungkap, empal, sayuran, nugget, beserta bumbu-bumbu dan lain sebagainya," lanjut Chef Devina.

Selain memudahkan para ibu, anak-anak yang dilibatkan dalam proses perencanaan makanan juga dapat memahami berbagai gizi dan nutrisi dari makanan yang direncanakan bersama, yang tentunya proses ini melibatkan pemahaman ibu soal gizi dan nutrisi. 

"Coba kita (para ibu) luangkan satu hingga dua hari untuk perencanaan sekitar dua minggu ke depan. Ini juga bisa memangkas waktu sehingga lebih mudah diolah, apalagi untuk menu sahur," pungkasnya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan yang sama, Richeese Factory menghadirkan chicken nugget yang dapat dijadikan pilihan sebagai meal prep untuk si kecil selama Ramadan. Tak cuma memberikan kepraktisan, tapi juga nutrisi serta sensasi rasa dan makanan berkualitas restoran di rumah. 

Chicken nuggetnya dikemas dengan tekstur daging yang lembut dan juicy, yang dibalut dengan tepung krispi yang crunchy. Berbagai produknya, rencananya akan hadir di seluruh gerai Richeese Factory dan toko makanan olahan di seluruh Indonesia.

Rekomendasi