Viral di TikTok, Begini Resep Cloud Bread Si Roti Awan yang Yummy

| 07 Aug 2020 14:20
Viral di TikTok, Begini Resep Cloud Bread Si Roti Awan yang Yummy
Cloud Bread (Foto: Instagram/@soflofooodie)

ERA.id - Selama pandemi, memasak menjadi hobi baru sebagian orang. Tak heran, jika mereka mengkreasikan ragam resep inovatif. Kreasi resep baru pun diunggah melalui media sosial dan menjadi viral.

Salah satu makanan yang sedang ramai di TikTok adalah Cloud Bread. Sesuai namanya, roti ini memiliki tekstur yang ringan, lembut, mengembang seperti awan. Maka dari itu, Cloud Bread dijuluki juga sebagai roti awan.

Ternyata membuatnya tidaklah susah. Akun YouTube henji wong memberikan cara membuat Cloud Bread berwarna pastel cantik dan bisa dilakukan di rumah.

Bahan-bahan untuk membuat cloud bread:

  •  3 putih telur 
  •  2-3 sdm gula pasir 
  •  1 sendok tepung maizena 
  •  Vanilla secukupnya 
  •  Pewarna makanan secukupnya

Langkah-langkah membuat cloud bread:

1. Siapkan tiga butir telur. Lalu, gunakan telur dengan suhu ruangan. Pisahkan kuning telur dari putih telur karena nantinya kita hanya menggunakan putih telurnya saja. 

2. Mixer putih telur. Jika sudah mengembang, tambahkan 2-3 sendok makan gula pasir. Berikutnya, mixer lagi dengan kecepatan tinggi. Henji Wong memperingatkan untuk pembuatan putih telur yang digunakan tidak mengandung minyak. Karena jika mengandung minyak putih telur akan susah mengembang.

3. Usai di-mixer, masukkan 1 sendok makan tepung maizena dan vanilla essence. 

4. Lalu mixer kembali kurang lebih 3 menit. Kamu juga pastikan untuk selalu mixer hingga putih telur kaku. 

5. Selanjutnya, pisahkan adonan jadi dua. Lalu tambahkan pewarna makanan di masing-masing adonan. 

6. Kamu bisa gunakan warna merah dan ungu, atau sesuka kalian. Berikutnya, mixwe sebentar supaya tercampur rata. 

7. Siapkan loyang panggang yang sudah diberikan alas dengan kertas roti. Berikutnya, letakkan adonan ke atas kertas roti dan bentuk sesuai selera. 

8. Oven roti di suhu 150 derajat celsius selama 25-30 menit. Jangan lupa untuk memanaskan oven. Supaya lebih cantik, kamu bisa tambahkan aneka topping seperti kacang almond atau cokelat.

Tags : kuliner tiktok
Rekomendasi