Chestnut Jadi Tantangan Pressure Test, Resep Chestnut Panna Cotta Ala Faiz MasterChef

Tim Editor

Chestnut Panna Cotta (Foto: Freepik/Timolina)

ERA.id - Pada tantangan Pressure Test, MasterChef season 7 mewajibkan peserta mengolah makanan dari bahan chestnut. Jenis kacang-kacangan ini memiliki ciri khas yakni rasa manis, gurih, creamy, dan sedikit chewy. 

Ketiga juri yakni Chef Arnold Poernomo, Chef Renatta Moeloek, dan Chef Juna Rorimpandey memberi tantangan kepada keempat kontestan untuk membuat dua dish, sweet dan savoury. Empat kontestan yakni Adit, Audrey, Faiz, dan Clava. Dari keempat kontestan, buatan Faiz paling mencuri perhatian.

Faiz membuat Chestnut Panna Cotta with Strawberry Sauce. Menurut para juri, dessert buatan Faiz dinilai enak terutama pada penggunaan chestnut puree. meski taburan chestnut diatasnya kurang garing. 

Panna cotta adalah hidangan penutup khas Italia. Makanan ini sering disajikan dengan tampilan yang cantik di restoran atau hotel berbintang. Jika kamu ingin mengolah chestnut menjadi panna cotta, kamu bisa membuat sendiri dirumah tanpa ribet. Dilansir dari Food.ndtv pada Senin (23/11/2020), berikut resep chestnut panna cotta dengan siraman madu.

Bahan:

- 375 ml krim masak 

- 150 ml susu 

- 175 gram chestnut puree 

- 1 lembar kulit jeruk 

- Sejumput kayu manis bubuk 

- 7 gram gelatin lembaran 

Honeycomb toffee 

- 50 gram madu 

- 125 gram glukosa (bisa ganti gula) 

- 15 gram baking soda 

- 325 gram gula 

- 60 ml air

Cara membuat chestnut panna cotta: 

1. Campurkan krim, susu, chestnut puree, kulit jeruk, bubuk kayu manis ke dalam panci saus dan didihkan dengan api sedang.

2. Rendam daun gelatin dalam air dingin selama 2-3 menit sampai lembut. Tiriskan sisa air dan tambahkan ke dalam campuran susu.

3. Saring krim ke dalam wadah, dinginkan. Bagi krim ke dalam gelas kecil dan masukkan dalam kulkas selama 6-8 jam. Campur semua bahan kecuali soda kue.

4. Campur semua bahan honeycomb toffe kecuali baking soda. Masak hingga berubah warna menjadi kuning muda.

5. Matikan api dan tambahkan baking soda, lalu aduk rata agar hingga tercampur. 

6. Tuang saus madu ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak dan biarkan dingin.

7. Ambil panna cotta yang sudah jadi, iris honeycomb toffe sesuai selera. 

Mudah sekali, bukan? Kamu bisa memakan chestnut panna cotta ini untuk hidangan penutupmu. Rasanya segar, tetapi tetap creamy. Tak harus menggunakan bahan dari honeycomb toffe, kamu bisa kreasi saus stroberi yang digunakan Faiz MasterChef Indonesia season 7.

Tag: Chestnut Panna Cotta Chestnut MasterChef Indonesia

Bagikan: