Menanti 2021, 5 Makanan Tahun Baru yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Tim Editor

Toshikoshi soba (Foto: Instagram/@higuccini)

ERA.id - Menyongsong tahun baru 2021, kamu harus menyambutnya dengan meriah. Biasanya pergantian tahun baru menghadirkan ragam kuliner khas yang disajikan. Kuliner lebih lezat jika dinikmati bersama keluarga tercinta mau pun teman-teman.

Pergantian malam tahun baru, biasanya kamu mengolah ayam bakar, sate ayam, hingga ikan bakar. Tahun ini, kamu bisa buat gebrakan baru dengan menyiapkan makanan tahun baru yang 'konon katanya' membuatmu lebih beruntung saat dimakan pada tahun baru. Berikut 5 makanan tahun baru yang dipercaya pembawa keberuntungan:

1. Anggur 12 biji

Person Holding Purple Grapes

Anggur (Foto: Pexels/Caio)

Pada malam tahun baru nanti tepat di jam 00.00, kamu bisa makan anggun berjumlah 12 biji. Tapi ingat, kabarnya kalau tidak menghabiskan sebanyak 12 biji maka kamu bisa ketiban sial. Terkadang banyak juga orang yang sudah menyiapkan anggur, supaya lebih gampang menyantapnya di malam hari. 

Memakan anggur sebanyak 12 biji hingga tepat saat jarum jam menunjukkan 12 pada 1 Januari, maka kamu dipastikan akan beruntung tahun depan. Tradisi ini sudah ada sejak abad 20, di mana para produsen anggur memulai kebiasaan tersebut. Sejak saat itu, banyak orang yang merayakan malam tahun baru di Madrid, akan berkumpul di Puerta del Sol, untuk menyantap anggur bersama-sama saat dentingan bel berbunyi.

2. Lentil

cooked food on black bowl

Lentil (Foto: Unsplash/Artur Kornakov)

Lentil adalah makanan tradisional khas Italia dalam perayaan tahun baru yang dipercaya membawa keberuntungan. Lentil memiliki arti sebagai keberuntungan bagi mereka. Sudah menjadi tradisi untuk memakannya saat perayaan tahun baru.

Lentil telah naik daun saat diperkenalkan ke AS pada abad ke-16 Masehi dan sudah dikonsumsi sejak abad ke-9 SM. Lentil dijadikan sup atau dimakan terpisah. Makanan satu ini juga disajikan dengan daging babi yang dianggap simbol keberuntungan. Lentil dikonsumsi karena berbentuk seperti uang logam, sehingga melambangkan

kemakmuran.

3. Pretzel

person holding pretzel

Pretzel (Foto: Unsplash/Pierre Gui)

Masyarakat yang tinggal di bagian utara AS mengonsumsi pretzel saat tahun baru. Makanan satu ini kerap dikaitkan dengan simbol keberuntungan untuk tahun mendatang. Pretzel spesial tahun baru memiliki rasa manis dan bertekstur gurih karena dilapisi gula untuk dimakan saat sarapan dan makan siang.

Pretzel pada zaman dahulu rasanya dibuat gurih, tetapi pretzel modern paling populer dengan rasa manis. Pretzel adalah makanan penghujung tahun yang menjadi salah satu tradisi di Amerika Serikat. 

4. Toshikoshi soba

Toshikoshi soba (Foto: Instagram/@higuccini)

Toshikoshi soba yang umami cocok untuk dimakan sebelum pergantian tahun pada 31 Desember. Katanya, tradisi menyeruput toshikoshi soba pada pergantian tahun pertama kali dilakukan pada Zaman Edo (1603-1867). Kepercayaan Asia Timur menyatakan panjangnya mi melambangkan "umur panjang". Sedangkan, soba yang tahan cuaca ekstrem melambangkan kekuatan dan kebulatan tekad.

Di malam penghujung tahun, masyarakat Jepang menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menonton acara TV, membahas hal yang ingin dilakukan di tahun baru dengan ditemani hidangan khusus, yakni Toshikoshi Soba. Mie dengan tekstur yang kenyal dan super panjang ini dipercaya bisa membuat rezeki seseorang bertahan lama dan panjang. 

5. Hoppin' John

Hoppin' John (Foto: Instagram/@chilipeppermadness)

Hoppin' John menjadi salah satu hidangan utama di bagian selatan AS saat menyongsong tahun baru. Di Amerika Serikat, Hoppin' John menjadi menu pertama dan jadi andalan. Umumnya disajikan dengan sayur hijau, kacang polong, dan cornbread, bahan utama Hoppin' John terdiri dari, kacang tunggak, nasi, bawang cincang, dan daging asap iris yang dibumbui garam.

Konon, Hoppin' John menyajikan sayur hijau dan kacang sebagai lambang uang kertas dan logam. Sementara, roti jagung/cornbread warna emas sebagai lambang kekayaan. Saat memakan Hoppin' John, tiga kacang harus disisakan, karena melambangkan keberuntungan, rezeki, dan cinta. 

Tag: Tahun Baru 2021 kuliner tahun baru

Bagikan: