Mencegah Hidden Hunger, Inilah Pentingnya Menyajikan Hidangan dengan Bahan Garam Yodium

Tim Editor

Garam Yodium (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

ERA.id - Garam beryodium adalah salah satu asupan makanan yang perlu dikonsumsi sehari-hari. Banyak sekali manfaat yang dirasakan saat merasakan makanan yang mengandung garam yodium, terutama si kecil. Namun, masih banyak orangtua yang bingung untuk menyajikan hidangan lezat dengan bahan garam yodium.

Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, Royco meluncurkan inovasi terbarunya, Royco dengan Garam Beriodium. Produk ini menjawab kebutuhan para orang tua untuk menyajikan aneka hidangan lezat bernutrisi guna #BantuTumbuhSesuai perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunyi. 

Hidden hunger adalah salah satu permasalahan gizi yang masih dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Kondisi kekurangan gizi ini masih sering diabaikan karena dampaknya baru terlihat dalam jangka panjang. 

“Negara kita masih memiliki beban hidden hunger yang besar, kondisi yang timbul akibat kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink ini telah menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang berkepanjangan," ungkap Dr. Ir. Dodik Briawan,MCN selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB University melalui media virtual "Lezatnya Royco baru dengan Garam Beriodium untuk #BantuTumbuhSesuai, Senin (25/1/2021).

Lebih lanjut, Dodik mengatakan apabila makanan yang dikonsumsi tak memenuhi kebutuhan nutrisi. Maka ini berdampak secara fisik maupun psikis terutama bagi si kecil.

"Meskipun makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, penderitanya tidak merasa kelaparan karena asupan gizi makronya sudah terpenuhi. Jika tidak segera mendapatkan perhatian, akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang – baik secara fisik maupun psikis.” kata Dodik.

Asupan zat gizi mikro dapat dipenuhi dengan memastikan sajian makanan beragam di rumah sejak dini. Namun, langkah krusial ini masih belum dilakukan banyak orang tua. Padahal banyak manfaat mengonsumsi garam berodium, salah satunya adalah mencegah penyakit gondok.

“Orang tua perlu memperkaya pengetahuan dan kreativitas dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga dengan menyertakan bahan-bahan bergizi di tiap masakan, termasuk garam beryodium. Sayangnya, pengetahuan sebagian masyarakat mengenai manfaat dari iodium masih terbatas pada upaya pencegahan penyakit gondok," tutur dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik.

Diana mengatakan ada dampaknya jika seseorang kurang mengonsumsi garam berodium, salah satunya adalah perkembangan otak menjadi terganggu.

"Padahal, dampak dari kekurangan iodium jauh lebih luas dan dapat terjadi pada semua usia. Kekurangan iodium dapat mengakibatkan perkembangan otak terganggu," ujar Diana.

Personil band Kotak, Tantri Syalindri mengatakan Royco saat ini memberikan yang terbaik bagi keluarga kecilnya. Dengan berbagai variasi bahan nabati, ia bisa memastikan jika Royco dengan bahan garam berodiu, bisa membantu anaknya untuk tumbuh dan berkembang supaya lebih baik.

“Sebagai seorang ibu, aku ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk saat menyiapkan menu hidangan sehari-hari. Royco telah memberikan begitu banyak inspirasi sehingga aku bisa memasak menggunakan berbagai variasi bahan nabati yang bergizi sambil ikut berkontribusi terhadap lingkungan. Apalagi kini Royco telah menggunakan garam beriodium, sangat membantu aku dalam memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal,” ujar Tantri Syalindri.

Musim pertama drama The Uncanny Counter sendiri dibintangi oleh Jo Byeong Gyu, Yoo Joon Sang, Kim Sejeong, dan Yeom Hye Ran. Mereka belum dipastikan apakah akan kembali di musim kedua atau tidak. 

“Kalau itu menjadi kenyataan (musim kedua) saya pikir semua aktor (dari musim 1) mungkin ingin kembali untuk itu. Karena semua pemain dan kru sangat hebat, selama kita bisa terus bersama tim ini, saya pikir semua orang akan ingin ambil bagian,” tutup Sejeong. 

Tag: Garam Yodium kesehatan

Bagikan: