Makanan Sumber Yodium untuk Ibu Hamil dan Takaran yang Dibutuhkan

| 24 Oct 2023 18:05
Makanan Sumber Yodium untuk Ibu Hamil dan Takaran yang Dibutuhkan
Makanan sumber yodium untuk ibu hamil (unsplash)

ERA.id - Kesehatan ibu hamil dan perkembangan janinnya sangat tergantung pada asupan makanan yang dikonsumsinya. Salah satu nutrisi penting yang sering kali diabaikan adalah yodium.  Lantas apa saja makanan sumber yodium untuk ibu hamil yang bagus?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya yodium dalam diet ibu hamil dan menyajikan beragam sumber makanan yang kaya akan nutrisi ini. Dengan memahami pentingnya yodium, para calon ibu dapat memilih makanan apa saja untuk menjaga kesehatan dan masa depan anak mereka.

Mengapa yodium begitu penting bagi ibu hamil?

Yodium adalah nutrisi kunci selama kehamilan. Pertama-tama, yodium terlibat dalam banyak fungsi dan proses metabolisme tubuh Anda, termasuk dalam pembuatan hormon tiroid.

Hormon tiroid mempengaruhi cara sel-sel tubuh Anda berfungsi, yang pada gilirannya memengaruhi banyak proses dalam tubuh Anda, seperti detak jantung dan metabolisme. Tingkat hormon yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan berat badan, kelelahan, dan perubahan suasana hati.

Yodium juga sangat penting untuk perkembangan otak bayi Anda. Selama kehamilan, sel-sel otak bayi Anda tergantung pada asupan yodium, termasuk sel-sel otak bayi yang berkembang dengan cepat.

Pasokan cukup yodium sangat penting untuk membangun organ yang kompleks dalam tubuh. Kemudian diet kehamilan yang seimbang dan mencakup asupan makanan kaya yodium akan mendukung perkembangan otak bayi Anda.

Yodium juga berkontribusi pada kemampuan belajar dan motorik anak-anak Anda, dan membantu menetapkan dasar bagi semua perkembangan masa depan.

Mengapa yodium begitu penting bagi ibu hamil (unsplash)

Makanan Sumber Yodium untuk Ibu Hamil

Dilansir dari Aptaclub, Ikan putih dan produk susu adalah sumber yodium yang sangat baik bagi ibu hamil.

Anda juga dapat meningkatkan asupan yodium dengan menggantikan garam biasa dengan versi yang beryodium (garam yang diperkaya dengan yodium).

Meskipun demikian, Anda sebaiknya tidak meningkatkan asupan garam yodium untuk meningkatkan asupan yodium.

Sementara itu, rumput laut (yang menyerap yodium dari air laut) juga dapat menjadi sumber yang sangat baik, tetapi jumlah yodium dalam rumput laut sangat bervariasi.

Beberapa jenis rumput laut mengandung kadar yodium yang sangat tinggi dan dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar secara rutin. Beberapa lembaga kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi rumput laut lebih dari sekali dalam seminggu selama kehamilan.

Meskipun demikian,  sejumlah kecil rumput laut bubuk atau remah bisa ditambahkan ke dalam sup, semur, dan salad.

Berapa banyak yodium yang Anda butuhkan saat hamil?

Meskipun yodium terdapat dalam banyak makanan, penelitian menemukan bahwa kekurangan yodium adalah hal umum dalam pola makan kita.

Karena sumber-sumber terbaik yodium semuanya berbasis hewan, jika Anda vegetarian maka Anda mungkin berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan yodium. Jika Anda khawatir bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan cukup yodium dalam diet Anda, bicarakan dengan ahli kesehatan mengenai penggunaan suplemen yodium yang aman selama kehamilan.

Kemudian jumlah yodium yang direkomendasikan setiap hari untuk wanita adalah 140 mcg. Namun jika kelak Anda memutuskan untuk menyusui bayi Anda, Anda seharusnya tidak perlu melakukan perubahan diet khusus.

Selain makanan sumber yodium untuk ibu hamil, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi