5 Hidangan Khas Timur Tengah yang Menggugah Selera, Dijamin Ajib dan Auto-Kenyang

Tim Editor

Ilustrasi Mansaf – Yordania.

ERA.id - Umat Islam di seluruh dunia saat ini sedang menjalani ibadah puasa Ramadan. Salah satu momen yang dinanti adalah saat berbuka puasa. Biasanya kita dihadapkan pada aneka macam pilihan makanan yang menggugah selera.

Jika kamu bosan dengan menu yang itu-itu saya, berikut rekomendasi makanan khas Timur Tengah, yang dijamin ajib dan bikin kenyang saat buka puasa.

1. Mansaf – Yordania

Mansaf adalah hidangan tradisional khas Yordania yang dibuat dari daging domba yang dimasak dengan saus yang terbuat dari fermentasi yogurt yang dikeringkan dan biasanya disajikan dengan nasi atau bulgur.

Di Yordania, mansaf domba lebih dari sekadar makanan. Makanan ini adalah bagian penting dari identifikasi nasional, terkait dengan warisan negara dan kehadirannya penting pada peristiwa atau momen-momen penting.

2. Sambusa - Arab Saudi

Sambusa atau biasa dikenal samosa adalah pangsit yang diisi dengan berbagai campuran kentang, daging, keju dan sayuran lainnya. Umumnya bentuk sambusa ini bisa kerucut, segitiga atau bulan sabit.

Di Arab Saudi sambusa sering dijadikan appetizer setelah berbuka dengan air dan kurma.

3. Mahshi - Mesir

Mahshi merupakan sajian sayuran kaya rempah dikenal sebagai menu berbuka puasa di negara Timur Tengah. Di Mesir, Mahshi yang sering dibuat adalah Kousa Mahshi yaitu yang terbuat dari zucchini.

Mahshi terbuat dari sayuran seperti zucchini, terong, tomat, paprika, daun anggur atau kol, yang diisi dengan nasi campur. Biasanya nasi dicampur dengan daging dan berbagai rempah, seperti kayu manis, lada hitam, jinten, bawang putih, bawang merah, serta ditambah garam dan minyak. Selain itu berbagai herba juga ditambahkan, seperti daun parsley, coriander dan dill.

4. Shorbet Adas – Irak

Di Irak, bulan Ramadan terasa kurang bila tidak menyajikan shorbet adas sebagai hidangan iftar. Shorbet adas merupakan sup yang dibuat dengan kacang lentil merah dan sering ditambahkan dengan baso, wortel, dan sohun. Tak hanya enak, bahan utama kacang menjadikan makanan ini sangat bernutrisi.

Shorbet adas. (Foto: Youtube/Look And Cook)

5. Harira – Maroko

Maroko juga mengidolakan sup saat berbuka. Bahan yang digunakan dalam harira biasanya berbeda-beda tergantung dari masing-masing wilayah.

Tapi bahan khas dalam hidangan Harira merupakan sup biasa menggunakan kacang merah, kacang polong, dan daging kambing atau sapi.

Tag: kuliner ramadan eramadan ramadan ramadan 2021

Bagikan: