Peler Bedebu, Jajanan Pasar Khas Kepulauan Seribu yang Lembek-Lembek Keras

| 27 Apr 2021 20:17
Peler Bedebu, Jajanan Pasar Khas Kepulauan Seribu yang Lembek-Lembek Keras
Peler Bedebu (Twitter)

ERA.id - Kue Peler Bedebu merupakan makanan khas asal Kepulauan Seribu. Makanan tradisional ini pada dasarnya terbuat dari campuran ubi dan sagu sehingga teksturnya lembut.

Bahkan, bagi masyarakat Kepulauan Seribu kue Peler Bedebu menjadi salah satu kudapan manis favorit.

Mengutip dari berbagai sumber, kue Peler Bedebu sudah ada sejak tahun 1970. Kue ini juga telah diakui sebagai jajanan pasar khas Kepulauan Seribu.

Nama kue Peler Bedebu kabarnya berasal dari candaan masyarakat yang melihat bentuknya yang bulat, teksturnya yang kenyal-kenyal keras. Sehingga banyak yang beranggapan sekilas bentuk kue tersebut mirip kelamin laki-laki.

Secara tekstur, kue ini memiliki bentuk yang sama dengan kue klepon, namun memiliki perbedaan dalam hal bahan bakunya.

Untuk kue Peler Bedebuini memiliki bahan baku utama ubi yang ditumbuk lalu dicampur tepung sagu. Adonan ini kemudian diisi dengan gula merah dan dimasak dengan cara dikukus hingga matang.

Setelah matang, kue Peler Bedebu diberi taburan kelapa parut. Meski baru viral sekarang, kue ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan sudah jadi salah satu makanan tradisional masyarakat Kepulauan Seribu.

Fakta menarik lainnya, bahan dasar kue Peler Bedebut rupanya kini sulit cukup ditemukan. Dikarenakan ubi, tepung sagu, serta kelapa parut cukup sulit ditemukan di Kepulauan Seribu. Sehingga masyarakat setempat tak dapat membuatnya sebagai kudapan sehari-hari.

Apakah kamu tertarik mencoba rasa dari Peler Bedebu?

Rekomendasi