Bosan Sahur dengan Menu Itu-Itu Terus? Yuk Coba 5 Menu Sahur Ala Korea yang Praktis dan Enak

Tim Editor

Menu Sahur Ala Korea (Dok: Pixabay)

ERA.id - Memasuki babak akhir puasa di bulan Ramadan rasanya sudah sangat bosan sekaligus bingung menyiapkan hidangan untuk sahur. Berbagai resep pun sudah banyak yang dicoba demi mengatasi kebosanan. 

Biasanya untuk mengatasi bosan menyantap hidangan sahur banyak orang yang memilih untuk membeli makanan cepat saji tanpa perlu pusing-pusing. Tetapi gak ada salahnya loh kalau di detik-detik akhir Ramadan ini kamu tetap menyiapkan hidangan sahur. 

Berikut ini menu sahur ala Korea yang bisa kamu coba di rumah dengan cara yang praktis dan enak, seperti dirangkum Era.id dari rilis Viu.

1. Salad

Salad Korea (Pixabay)

Mungkin terdengar sedikit aneh kalau makan sahur menggunakan salad. Tetapi salad sayuran ini sangat penting loh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan seratmu selama puasa. 

Selain mudah dibuat dan praktis, salad sayur juga bisa membuat kamu kenyang dan bisa beraktivitas di bulan Ramadan. Jangan lupa untuk menambahkan nasi merah yang rendah gula sebagai pelengkap salad buah mu ya.

2. Bubur Ayam

Bubur Ayam Jahe (Pixabay)

Aneh memang menyantap makanan sahur dengan memakan bubur ayam. Tetapi gak ada salahnya loh kalau bubur ayam yang dimakan ini punya cita rasa dan resep Korea. 

Bubur ayam ala Korea ini bisa banget kamu jadikan menu sahur yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Kamu bisa membuat bubur ayam jahe yang baik bagi pencernaan sekaligus menghangatkan tubuh loh

Kamu cukup menanak nasi hingga menjadi bubur dan diberi kaldu. Lalu tambahkan irisan ayam, irisan jahe, irisan daun selada, serta garam secukupnya. Setelah semuanya dimasukkan, aduk hingga tercampur rata dan matang. 

Oh ya, kamu juga bisa menambahkan taburan daun bawang dan juga kerupuk biar menambah sensasi bubur ayam pagi hari. Tertarik buat coba?

3. Dumpling

Dumpling (Pixabay/RitaE)

Untuk menu yang satu ini pasti sangat disukai oleh siapa saja, baik itu orang tua atau pun anak-anak. Menu dumpling ala Korea ini bisa mengenyangkan perut berkat isian di dalamnya. 

Biasanya dumpling berisikan sayuran dan juga berbagai protein hewani, seperti udang rebus atau pun ayam. Agar memudahkan kamu menyantap makan sahur, siapkan saja dumpling setelah pulang tarawih. Saat waktu sahur tiba, kamu cukup mengukusnya saja hingga siap untuk dimakan. 

4. Kimbap

Kimbap (Pinterest/Hope Leticia Nakayiza | Letty Tales)

Menu sahur kali ini berbahan dasar nasi dan juga sayur-sayuran segar yang menyehatkan, kimbap. Sajian khas Korea ini bisa menjadi pengganti menu sahur kamu bila sudah terasa membosankan. 

Kimbap sendiri merupakan olahan nasi yang digulung ke dalam lembaran rumput laut kering. Biasanya di dalam kimbap akan diberikan isian beragam lauk seperti suwiran ayam, potongan tomat, potongan timun, potongan wortel, hingga telur dadar. 

Isian dalam sebuah kimbap ini terganung dengan selera masing-masing. Kamu bisa menyesuaikan lauk apa saja yang kamu inginkan untuk disantap. Duh jadi kebayang nih nikmatnya makan kimbap saat sahur. 

5. Olahan Telur

Telur Dadar Gulung Korea (Pinterest/Korean Bapsang)

Terkadang bila malas dan bingung untuk masak menu sahur, jalan satu-satunya untuk tetap makan ialah dengan memasak telur. Banyak sekali Ibu rumah tangga yang akhirnya memilih untuk mendadar telur, ceplok telur, hingga merebus telur ala kadarnya saja. 

Tapi kali ini kamu harus mencoba resep Gyeran-mari atau rolled omelette alias telur dadar gulung ala Korea. Cara pembuatannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan telur, potongan daging sapi, bawang bombai, wortel, daun bawang, garam, serta lada secukupnya. 

Tak lupa kamu tambahkan sedikit susu untuk membuat adonan telur terasa lebih creamy. Agar lebih lezat, kamu bisa menyantap telur dadar gulung ini dengan nasi hangat serta taburan nori. Dijamin kamu bakal ketagihan deh. 

Itu lah 5 menu sahur yang praktis ala Korea Selatan. Jangan lupa buat mencobanya ya!

Tag: Menu Sahur Ala Korea Menu Sahur Praktis dan Simple

Bagikan: