Bukan Cuma Bipang Ambawang, Ini 10 Oleh-oleh Halal Khas Kalimantan Terkenal Jadi Buruan Para Wisatawan

Tim Editor

Ilustrasi (Humas Kaltara)

ERA.id - Pernyataan Presiden Joko Widodo soal bipang Ambawang oleh-oleh khas Kalimantan menjadi viral dan heboh diperbincangkan masyarakat. Diketahui, Bipang Ambawang memang kuliner khas Kalimantan Barat. Namun, Bipang ternyata adalah singkatan dari babi panggang.

Selain Bipang Ambawang yang haram dikonsumsi umat Muslim, ternyata masih banyak kuliner khas Kalimantan yang halal dan cocok untuk oleh-oleh Lebaran.

Berikut ini 10 oleh oleh khas Kalimantan terkenal menjadi buruan para wisatawan.


1. Kue bingka

kue bingka menjadi salah satu kue tradisional khas Kalimantan Timur. memiliki beragam rasa, Bingka berhasil menarik minat para wisatawan untuk membelinya untuk dijadikan buah tangan.



kue bingka sendiri terbuat dari bahan susu, gula, santan, mentega dan kentang. namun kue bingka ini merupakan kue basah, sehingga hanya dapat bertahan selama satu hari saja.

2. Rabuk ikan

Untuk oleh-oleh khas Kalimantan yang kedua ada rabuk ikan khas Banjarmasin. Memiliki rasa yang sangat lezat. Rabuk ikan biasa digunakan sebagai lauk makan atau cemilan ketika santai.



Bahan yang digunakan untuk membuat rabuk ikan yaitu dari ikan tenggiri dan gabus. Melihat bahan ikan yang digunakan sangat berkualitas maka, rasanya pasti dijamin lezat. Bentuk rabuk ikan seperti abon, warnanya cokelat dan rasanya sangat lezat.

3. Dodol kandangan

Kue khas Kalimantan selanjutnya ada dodol kandangan, jika selama ini dodol terkenal sebagai makanan yang berasal dari kota Garut, ternyata Kalimantan juga memilki dodol kandangan sebagai kue khas mereka.

Tidak kalah enak, dodol kandangan yang juga terbuat dari bahan gula aren dan ketan memiliki keunikan dari dodol biasanya. Yaitu dodol khas Kalimantan ini memiliki beragam rasa, salah satu yang popular adalah rasa durian yang tentunya sangat nikmat dan lezat.

4. Amplang (kuku macan)

Selanjutnya ada amplang atau yang biasa disebut dengan kuku macan, karena bentuk makanannya sepertu kuku macan yang besar. Amplang sangat cocok dijadikan camilan dikala santai.



Terbuat dari ikan tenggiri dan campuran bahan kanji, amplang kerap kali dipadu pandankan dengan nasi. Sebenarnya ikan yang digunakan tidak hanya tenggiri saja melainkan bisa ikan mujair, ikan pipih, dan ikan haruan.

5. Bakpia

Bukan hanya menjadi makanan khas Jogjakarta, di Kalimantan juga anda bisa menemukan bakpia sebagai oleh-oleh khas kota Balikpapan. Uniknya, bakpia khas Balikpapan tersebut terkenal memliki ukuran besar.



Ada variasi rasa yang ditawarkan oleh bakpia, diantaranya yaitu ada rasa kacang hijau, cokelat, dan keju. Anda bisa memilih rasa bakpia sesuai dengan kesukaan.

6.  Onde-onde ubi ungu

Khusus makanan yang satu ini hanya bisa ditemukan di Kalimantan. Jika biasanya onde-onde yang kamu temukan berwarna coklat dengan isi kacang hijau, onde-onde ini memilki ciri khasnya sendiri.



Isi yang ditawarkan onde-onde ini adalah ubi ungu yang sudah ditumbuk halus. Namun, bahan yang digunakan tentunya sama seperti membuat onde-onde pada umumnya.

7. Mantau

Mantau merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Balikpapan yang nikmatnya membuat siapa pun ketagihan. Roti Mantau sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun namanya agak kurang terdengar dikalangan wisatawan. Mantau  saat ini perlahan namanya kian meroket dan sering dijadikan buah tangan bagi wisatawan.



Mantau atau Roti Sepan ini sebenarnya adalah makanan khas Tionghoa yang telah beradaptasi dan mengalami proses kulturasi sehingga menjadikan makanan ini  khas Balikpapan.

Mantau  pada umumnya sama dengan roti lainnya, dan memiliki bentuk seperti Bakpao. Bedanya Roti ini tidak diisi daging, coklat atau apapun seperti Bakpao. Mantau hanya murni Roti biasa yang terbuat dari tepung terigu pilihan yang diolah sedemikian rupa sehinga menciptakan tekstur rasa yang lembut.

8. Keripik kelakai

Memiliki nama yang unik, sebenarnya keripik kelakai ini memiliki adonan yang cukup unik. Yaitu  terbuat dari bahan adonan rempah dan diberi bumbu khusus. Rasanya renyah, sedap dan gurih jadi satu.



Keripik kelakai ini juga cocok dikonsumsi sebagai camilan biasa, atau juga bisa dijadikan sebagai lauk pauk tambahan, karena memilki rasa yang gurih dan sangat lezat.

 9. Kue cucur

Oleh-oleh khas Kalimantan selanjutnya yaitu ada kue kucur. Sebenarnya kue kucur dibuat untuk melakukan ritual keagamaan di Kalimantan. Sajian ritual harus diberi kue kucur karena kepercayaan masyarakat disana memang begitu.



Sekarang kue kucur tidak hanya digunakan sebagai makanan sesajen melainkan sudah dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat Kalimantan. Kue kucur terbuat dari bahan gula pasir, beras serta lainnya. Biasanya kue berwarna merah, kuning, putih, hijau dan warna lainnya.

10. Wadai apam

Oleh-oleh kue khas Kalimantan yang terakhir ada kue apam. Memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang manis menjadikan kue ini sebagai salah satu incaran wisatawan disana.



Selain tekstur dan rasanya yang menjadi ciri khas, kue apam ini juga memilki bentuk yang sangat unik, yaitu bundar, bunga dan persegi. Menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Tag: kue lebaran bipang ambawang kue khas kalimantan bingka

Bagikan: