Aman Terus Dikonsumsi, 8 Bahan Makanan yang Tak Pernah Kadaluwarsa

| 03 Dec 2021 09:05
Aman Terus Dikonsumsi, 8 Bahan Makanan yang Tak Pernah Kadaluwarsa
Legum (Foto: Pexels/NEOSiAM 2021)

ERA.id - Pastinya kamu sering menemukan makanan di kulkas atau lemari yang ternyata tanggalnya sudah lewat alias kadaluwarsa. Tapi, pernahkah muncul dibenakmu, apakah ada makanan yang tak pernah basi atau kadaluwarsa?

Siapa sangka rupanya ada sejumlah makanan yang tidak kadaluwarsa. Mulai dari madu mentah, cuka, tepung maizena, hingga sirup mapel murni. Berikut 8 makanan yang tidak pernah kadaluwarsa, seperti dilansir dari Reader's Digest.

1. Madu mentah

Madu mentah (Foto: Pexels/Victoria Emerson)
Madu mentah (Foto: Pexels/Victoria Emerson)

Madu mentah memiliki banyak manfaat kesehatan. Madu sebenarnya telah digunakan dalam perawatan luka karena mampu melawan bakteri secara alami. Yang paling terbaik adalah madu mentah tidak pernah kedaluwarsa. Faktanya,  para arkeolog menemukan honeypots berusia ribuan tahun di makam Mesir kuno. Menurut Smithsonian, gulanya memiliki tingkat kelembapan yang rendah, keasaman yang berlebihan, asam glukonat alami, dan hidrogen peroksida alami adalah kunci umur panjangnya. Kamu sebaiknya memperhatikan sebagian besar makanan yang lain, terutama daging untuk memastikan makanan tersebut tidak membuat kamu sakit.

2. Cuka

Cuka memiliki jumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti membantu menurunkan berat badan, menjadi obat sakit perut alami, dan dapat bertahan di dapur selamanya. Menurut Eat By Date, cuka putih, cuka balsamic, cuka raspberry, cuka anggur beras, dan cuka anggur merah juga tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

"Karena sifatnya yang asam, cuka dapat mengawetkan dirinya sendiri dan tidak memerlukan pendinginan," ungkap salah satu perwakilan dari The Vinegar Institute. Karena itu, kamu juga bisa menggunakan cuka untuk membantu menjaga makanan lain agar tidak rusak .

3. Tepung maizena

Tergantung pada bagaimana tepung maizena disimpan, bahan makanan ini pasti layak berada di tempat daftar makanan abadi. Selama tidak basah, yang menyebabkan molekul pati berikatan dengan molekul hidrogen dan disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Kamu tidak perlu mengambil wadah tepung maizena lagi untuk waktu yang sangat lama.

4. Garam

Garam (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)
Garam (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

Natrium klorida murni telah ada selama miliaran tahun, jadi tidak mengherankan jika itu bertahan selamanya. Belum lagi, garam sering digunakan untuk melindungi makanan dari jamur dan bakteri agar awet lebih lama. Ini terjadi sebagai akibat osmosis, ketika air ditarik keluar dari makanan oleh garam itu sendiri. Sehingga menciptakan lingkungan yang terlalu kering bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak.

"Ini adalah mineral dan stabil. Tetapi hati-hati karena garam menjadi buruk jika kena basah. Kamu mungkin ingin menyimpan garam karena tidak hanya tidak akan buruk, tetapi kamu dapat menggunakannya untuk lebih dari sekadar membumbui makanan," kata Dr. Trattner.  

5. Legum

Berbeda dengan kacang kalengan atau kacang segar, legum atau kacang kering juga bertahan selamanya jika disimpan dalam kemasan tertutup rapat atau kedap udara. Namun, kacang yang lebih tua mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak dengan proses memakan waktu banyak.

6. Gula

Gula (Foto: Pexels/Mareefe)
Gula (Foto: Pexels/Mareefe)

Mirip dengan garam, gula juga bisa bertahan selamanya jika dijauhkan dari kelembapan dan sumber panas. Menurut Eat By Date, gula pasir putih, gula batu putih, gula mentah, gula merah, gula bubuk, pengganti gula, Equal, dan Sweet n Low semuanya bertahan tanpa batas. Meskipun teksturnya mungkin berubah, gula tidak pernah benar-benar kedaluwarsa.

7. Beras putih

Menurut Still Tasty, Beras putih, liar, Arborio, melati, dan basmati semuanya memiliki masa simpan yang tidak terbatas jika disimpan bebas dari kontaminan. Pengecualiannya adalah beras merah, berkat kandungan minyaknya yang lebih tinggi, itu tidak akan bertahan lama.

8. Sirup maple murni

Sirup maple yang belum dibuka akan bisa disimpan tanpa batas waktu. Namun, jika kamu membukanya, perlu mendinginkannya. Kamu juga dapat menggunakan sirup maple murni Anda untuk membuat suguhan musim dingin favorit kamu.

Rekomendasi