Hemat Sampai Bertahun-tahun, Inilah 5 Makanan yang Tak Memiliki Masa Kedaluwarsa

| 02 Feb 2022 08:06
Hemat Sampai Bertahun-tahun, Inilah 5 Makanan yang Tak Memiliki Masa Kedaluwarsa
Kopi (Foto: Pexels/Polina Kholodova)

ERA.id - Biasanya, setiap produk makanan punya masa kadaluwarsa, baik alami atau kemasan. Sejumlah makanan memiliki tanggal kadaluwarsa yang lebih cepat. Tetapi, ada juga beberapa makanan yang kadaluwarsanya sangat lama apabila dihitung dari tanggal produksinya.

Sejumlah makanan yang tak memiliki kadaluwarsa ini bisa berbentuk alami maupun olahan. Sejumlah makanan yang tak ada tanggal kadaluwarsa ini aman dimakan dan hemat sampai bertahun-tahun. Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), berikut 5 makanan tak memiliki masa kadaluwarsa.

1. Madu

Madu (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)
Madu (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)

Rahasia di balik masa simpan madu yang abadi adalah kandungan gula alaminya yang tinggi. Selain itu madu juga bersifat asam, sehingga bakteri tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

2. Pasta kering

Pasta kering mampu bertahan selama 2 hingga 3 tahun jika disimpan dengan cara yang benar. Namun, tahukah kamu bahwa umur simpan pasta kering dapat diperpanjang hingga 8-10 tahun, jika tertutup rapat dan disimpan di wadah yang sejuk dan kering.

3. Susu bubuk

Susu bubuk (Foto: Pexels/ Eva Elijas)
Susu bubuk (Foto: Pexels/ Eva Elijas)

Pada umumnya susu sapi asli hanya bertahan sekitar 2 minggu ketika disimpan di lemari es. Namun tidak halnya dengan susu bubuk. Susu kering penuh lemak mampu bertahan 2-5 tahun. Sedangkan susu kering tanpa lemak bisa bertahan hingga 25 tahun jika disimpan di lokasi yang sejuk dan kering. Ingat ya, ini hanya diperhitungkan untuk susu bubuk bukan susu formula kering yang hanya bertahan selama 1 tahun.

4. Kopi instan

Kopi instan dapat bertahan 2-20 tahun pada suhu kamar. Jika kamu menyimpannya di lemari es atau pendingin, kopi bisa benar-benar bertahan seumur hidup. Sementara kopi bubuk dengan krim berumur hanya 18-24 bulan.

5. Beras putih

Beras putih (Foto: Pexels/Vie Studios)
Beras putih (Foto: Pexels/Vie Studios)

Saat disimpan di tempat yang sejuk dan kering dalam wadah kedap udara, beras putih diperkirakan akan tetap bagus selama 30 tahun. Beberapa orang berspekulasi bahwa jika beras putih disimpan di lemari es atau pendingin, beras bisa tetap segar selamanya.

Meski makanan di atas tidak mempunyai masa kedaluwarsa, tetapi hal ini harus disertai dengan cara menyimpan yang baik dan benar. Karena, jika cara penyimpanannya salah, bisa berdampak pada rasa atau tekstur makanan.

Rekomendasi