Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi setelah Kadaluarsa, Seberapa Aman?

| 26 Nov 2023 10:08
Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi setelah Kadaluarsa, Seberapa Aman?
Makanan yang masih bisa dikonsumsi setelah kadaluarsa (unsplash)

ERA.id - Dalam kehidupan sehari-hari tanggal kadaluarsa makanan seringkali dianggap hal yang sangat penting. Padahal terdapat makanan yang masih bisa dikonsumsi setelah kadaluarsa, apa saja?

Artikel ini akan menjelajahi mitos dan jenis makanan yang masih layak konsumsi setelah melewati tanggal kadaluarsa. Terlepas dari pandangan umum, beberapa produk makanan mungkin masih aman dan bergizi bahkan setelah melewati batas waktu tersebut.

Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi setelah Kadaluarsa

  1. Adonan Kue

Mempersiapkan adonan kue adalah cara mudah untuk membuat hidangan penutup ketika Anda tidak ingin membuat sesuatu dari awal. Jika Anda kebetulan menyimpan adonan kue yang dikemas selama penjualan dan belum menggunakannya sebelum tanggal yang tertera di kotak, jangan dibuang.

Anda masih bisa adonan tersebut dengan aman selama empat hingga lima bulan setelah tanggal kedaluwarsa, selama disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

  1. Saus Apel

Toples saus apel yang belum dibuka tidak perlu disimpan di dalam lemari es dan masih bisa dikonsumsi dengan aman hingga 18 bulan setelah tanggal terbaik.

Tipsnya adalah menyimpannya di tempat yang sejuk dan gelap pada lemari dapur Anda. Jika Anda memiliki toples yang sudah dibuka di dalam kulkas dan khawatir tidak akan menggunakannya tepat waktu, maka tuangkan saus apel ke dalam cetakan es, bekukan, lalu simpan dalam wadah kedap udara.

  1. Keju

Keju keras seperti cheddar dan Parmesan masih aman dikonsumsi bahkan setelah jamur mulai tumbuh. Pastikan untuk memotong bagian yang berjamur sebelum diparut untuk mac and cheese atau taburan pasta Anda. Umumnya, keju keras masih dapat dikonsumsi satu bulan setelah tanggal kadaluarsa.

Keju keras seperti cheddar dan Parmesan masih aman dikonsumsi setelah kedaluarsa (unsplash)
  1. Telur

Pernahkah Anda pergi membuat omelet dan melihat tanggal di karton telur Anda sudah lewat? Telur adalah bahan pokok lain yang orang tidak selalu habiskan sebelum tanggal kadaluarsa.

Ada beberapa trik untuk memeriksa apakah telur sudah tidak baik dikonsumsi tanpa membukanya: letakkan di mangkuk air untuk memeriksa apakah telur tersebut mengapung atau tidak.

Jika telur tenggelam maka masih aman untuk dimakan, namun jika mengapung buang telur ke dalam tong sampah.

  1. Roti

Tanggal terbaik pada roti segar diasumsikan bahwa Anda menyimpan roti Anda di atas meja makan. Tetapi selama Anda tidak melihat jamur tumbuh pada roti Anda, seharusnya tetap aman untuk membuat sandwich atau French toast.

Jika Anda ingin memperpanjang umur simpan roti, maka lebih baik simpan di dalam kulkas karena bisa bertahan hingga dua minggu, atau simpan di dalam freezer.

  1. Mentega

Jika mentega Anda akan kadaluarsa, masukkan ke dalam freezer untuk menjaga kesegarannya lebih lama.

  1. Salad Mix

Paket-paket campuran salad, bayam, dan rucola masih dapat dikonsumsi setelah tanggal kadaluarsa. Namun jika daunnya sudah layu, cukup potong bagian yang layu sebelum dimasak. Namun, jika sayuran hijau Anda mulai membusuk (misalnya, daun yang lembek dan lengket), sudah saatnya untuk membuangnya.

Selain makanan yang masih bisa dikonsumsi setelah kadaluarsa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi