Sambut Tahun Macan Air, 4 Menu Spesial Tahun Baru Imlek Ala Hotel yang Bisa Dicicipi Bersama Keluarga

| 13 Jan 2022 14:52
Sambut Tahun Macan Air, 4 Menu Spesial Tahun Baru Imlek Ala Hotel yang Bisa Dicicipi Bersama Keluarga
Menu Imlek (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Selain keagamaan dan budayanya, Tahun Baru Imlek sangat identik dengan makanan khasnya yang nikmat dan menggugah selera. Berbagai makanan pastinya akan dihidangkan untuk disantap bersama keluarga di momen perayaan Imlek tahun 2022, yang merupakan Year of the Tiger atau shio macam air.

Seperti ASTON Kartika Grogol Hotel & Convention Center menghadirkan paket makan malam Tahun Baru Imlek dengan berbagai menu makanan yang nikmat. Apa sajakah makanannya?

1. Yee Sang

Yee Sang (Instagram) 

Salah satu menu utamanya adalah Yee Sang. Makanan ini berupa salad yang diaduk, yang biasa disantap di acara pembuka dalam tradisi China. Saat akan menyantap makanan ini biasanya diiringi dengan pembacaan doa.

"Yee Sang ini salad yang diaduk, tradisi Chinese. Biasanya sebelum acara dimulai mereka akan baca doa saat pengadukan Yee Sang ini," ujar Executive Chef ASTON Kartika Grogol Hotel & Convention Center, Sammy Alamsyah, saat konferensi pers, pada Rabu (12/1/2022).

2. Roasted peking duck & grilled beef tenderloin blackpepper sauce

Roasted peking duck & grilled beef tenderloin (Era.ID/Yesica Sitinjak) 

Lalu ada roasted peking duck atau bebek peking yang dibakar dan disantap dengan saus yang khas dan ada grilled beef tenderloin blackpepper sauce, yang akan menyajikan cita rasa khas bumbu makanan China.

"Grilled beef tenderloin blackpepper sauce nanti kita bikinnya beefnya pakai tenderloin, sausnya blackpepper. Tepatnya Chinese blackpepper sauce," jelas Chef Sammy.

3. Stim lazy fish Hongkong Style

Stim lazy fish (Era.ID/Yesica Sitinjak) 

Chef Sammy mengatakan bahwa terdapat juga menu lazy fish atau ikan gabus malas yang dibuat dengan cara dikukus, dan disajikan dengan saus ala Hongkong.

"Stim lazy fish Hongkong style. Lazy fish ini kalau di Indonesia namanya ikan gabus malas. Ini biasanya disantap saat Imlek, dijadikan makanan utama. Ini di-stim (kukus), terus disiram dengan Hongkong style sauce," tuturnya.

4. Charsiu fried rice

Charsiu fried rice (Era.ID/Yesica Sitinjak) 

Selain itu, ada juga menu nasi goreng sebagai santapan berat. Spesialnya, nasi goreng ini dibuat dipadukan dengan ayam charsiu atau ayam merah.

"Lalu ada nasi goreng. Nasi goreng ini Yang Chow Fried Rice, kita pakai ayamnya ayam merah atau ayam charsiu. Jadi nasi goreng dipadukan dengan ayam charsiu," katanya chef Sammy.

Tak hanya itu, terdapat juga makanan penutup, yakni berupa Mango Sago and Coconut Tuile. Ada juga manisan buah, jeruk China, dan fortune cookies, yang biasanya di dalamnya terdapat doa-doa bagus untuk kehidupan di tahun yang baru ini.

Rekomendasi