Cocok untuk Camilan Lebaran, Resep Kue Bawang Mama Fuji Kesukaan Aurel Hermansyah, Ashanty, dan Krisdayanti

| 15 Apr 2022 08:05
Cocok untuk Camilan Lebaran, Resep Kue Bawang Mama Fuji Kesukaan Aurel Hermansyah, Ashanty, dan Krisdayanti
Resep kue bawang (Foto: YouTube/Mama Fuji)

ERA.id - Sebagian umat Muslim kini mulai disibukkan untuk membuat camilan atau kue untuk Lebaran. Namun, masih banyak yang bingung camilan atau kue apa yang dipersiapkan untuk Lebaran nanti. Daripada bingung, kamu bisa mencoba membuat kue bawang ala Mama Fuji, Dewi Zuhriati.

Rupanya, kue bawang ala Mama Fuji ini juga menjadi sorotan karena disukai oleh Aurel Hermansyah, Ashanty dan Krisdayanti. Berikut resep kue bawang Mama Fuji yang rasanya gurih dan teksturnya renyah, seperti dilansir dari kanal YouTube Mama Fuji.

Bahan-bahan pembuatan kue bawang Mama Fuji:

- 300 gram tepung sagu

- 700 gram tepung terigu

- 4 butir telur ayam

- Mentega

- Santan

- 7-8 butir bawang merah, haluskan

- 5 butir bawang putih, haluskan

- Garam

- Penyedap rasa secukupnya

- Lada sekucupnya

- Daun bawang

- Seledri

- Minyak untuk menggoreng

Resep kue bawang (Foto: YouTube/Mama Fuji)
Resep kue bawang (Foto: YouTube/Mama Fuji)

Cara membuat kue bawang Mama Fuji:

1. Tuang 300 gram tepung sagu, tepung terigu, dan juga 2 butir telur dalam sebuah mangkuk atau wadah.

2. Uleni adonan menggunakan tangan sambil menuang santan sedikit demi sedikit. Dewi Zuhriati menyarankan adonan kue bawang diaduk dengan tangan agar dapat tercampur dengan sempurna. Masukkan margarin ke dalam adonan sambil terus diaduk rata.

3. Masukkan bagian dari bawang merah yang sudah dihaluskan ke dalam adonan kue bawang. Uleni hingga rata kemudian masukkan bawang putih halus.

4. Tuang garam, penyedap rasa, lada, dan juga daun bawang ke dalam adonan. Kembali uleni hingga adonan kalis dan tercampur rata.

5. Jika sudah kalis, lakukan tes icip pada adonan untuk memastikan rasanya sudah pas. Cetak adonan memanjang dengan dengan mesin penggiling sampai ketebalannya amat tipis agar kue bawang renyah saat digoreng.

6. Nyalakan kompor dan panaskan minyak. Goreng adonan kue bawang hingga kering atau berwarna kuning kecokelatan. Tiriskan lalu masukkan ke dalam toples kedap udara.

Rekomendasi