Tips Bikin Nasi Goreng Ikan Asin Lezat Ala Warunk Ropang Makassar

Tim Editor

Nasi goreng ikan asin Warung Ropang Makassar (Gilang/ERA.id)

ERA.id - Nasi goreng adalah makanan yang hampir bisa diterima semua kalangan. Wajar kalau banyak pedagang nasi goreng yang berjualan di pinggir jalan saat malam hari, demi mengikuti banyaknya hasrat masyarakat yang menggemari makanan ini.

Sebenarnya, semua orang bisa membuat nasi goreng, asal perlengkepan masaknya memenuhi. Yang jadi pertanyaan, apakah caranya sudah sesuai?

Kepada ERA, chef Cecep Ismail dari Warunk Ropang Makassar, membeberkan tips membuat nasi goreng dengan menambahkan ikan asin. Kata Cepi, membuat nasi goreng tidak boleh sembarangan.


Walau terlihat sederhana, ternyata di balik itu semua, ada persoalan mendetail yang mesti diperhatikan. Pertama adalah nasi. Cepi menganjurkan, mereka yang ingn mengolah menu ini mesti memakai menggunakan nasi yang hangat.

Selain itu wajan yang digunakan pun harus terbuat dari baja yang anti lengket. Semuanya agar bumbu bisa tercampur dengan baik ke nasi jika sudah diaduk-aduk.

Selain itu, kata Cepi, tingkat kepanasan mesti diperhatikan, demi mendapatkan nasi yang sedikit kering dan tentu saja berhamburan.

"Jika tidak begitu, cita rasa nasi goreng pun akan hilang. Coba saja makan nasi goreng yang dipersiapkan secara baik, walau pakai bumbu seadanya, dia akan terasa krispi," katanya kepada ERA, Rabu (6/7/2022).

Nah nasi goreng Warunk Ropang sendiri juga menyelipkan ikan kakap asin. Saat mencobanya, ERA merasakan lezatnya bumbu bercampur gurihnya ikan asin.

Tambah nikmat, saat makanan tersebut disuap dengan kerupuk. "Kakap memiliki daging yang tipis dan lembut. Beda dengan ikan pada umumnya yang memiliki tekstur tebal dan keras. Itu makanya kami pilih kakap."

"Apalagi ikan asin ini buatan khas dari Warunk Ropang yang tentu saja berbeda dari ikan di restoran lainnya. Sangat cocok dengan lidah masyarakat warga Makassar dan tentu saja Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Operational Manager Warung Ropang Makassar, Ifan Julius juga sangat merekomendasikan menu di atas. Alasannya sederhana, dia banyak diminati.

Cara membuat nasi goreng

1. Panaskan minyak ke wajan dan tak boleh terlalu banyak. Sebisa mungkin 1-2 sdm.

2. Tuangkan bakso dan potongan ayam, bisa juga menggunakan sesuai selera.

3. Masukkan 1 buah telur lalu diorak-arik, kemudian tuang bumbu dasar seperti bawang putih yang sudah digeprek kemudian dipotong kecil.

4. Masukkan nasi putih, aduk hingga merata lalu campurkan dengan msd, penyedap rasa, dan lada. Semuanya 1 sdt.

5. Masukkan 1 sdm cabe rawit yang sudah dipotong-potong. Beri minyak ikan, masukkan sayuran sesuai selera.

6. Aduk hingga merata hingga nasi berubah warna menjadi sediki gelap. Setelah itu, tiriskan nasi tersebut, hias dengan selada, tomat, kerupuk dan ikan asin sesuai selera.

Tag: tips bikin nasi goreng nasi goreng kuliner makassar warunk ropang ropang makassar Sulsel nasi goreng ikan asin cara bikin nasi goreng

Bagikan: